10 dari 20 Buah-buahan Super Sehat


MYFAMILISEHAT.COM. Mengkonsumsi buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tidak semua jenis buah diciptakan dengan nutrisi yang sama. Pada postingan kali ini, myfamilisehat memaparkan 10 dari 20 Buah-buahan Super Sehat Bagi Anda. Sedangkan 10 jenis lainnya akan kami paparkan pada postingan berikutnya.

Karena besarnya manfaat buah-buahan bagi kondisi kesehatan yang berkualitas, maka Anda diharapkan mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara seimbang.


10 dari 20 Buah-buahan Super Sehat Bagi Anda

Berikut kami paparkan 10 dari 20 buah-buahan super sehat untuk Anda  agar menjadi menu harian Anda dan keluarga.


1. Grapefruit

10 dari 20 buah-buahan super sehat
sumber gambar: Merdeka.com

Grapefruit adalah satu jenis jeruk yang sangat sehat. Selain merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, grapefruit juga dikenal karena  kemampuannya membantu penurunan berat badan dan resistensi insulin.

Sebagai contoh; dalam penelitian terhadap 91 orang , mereka yang makan setengah grapefruit sebelum makan berat badannya turun 2,9 pon ( 1,3 kg ) daripada mereka yang tidak makan grapefruit ( 1 ).

Dan juga dalam penelitian yang sama, mereka yang makan grapefruit juga mengalami penurunan insulin dan resistensi insulin secara signifikan ( 1 ).

Selain itu, mengkonsumsi grapefruit juga terbukti mengurangi kadar kolestrol dan mencegah pembentukan batu ginjal ( 2 , 3 , 4 ).

2. Nanas

10 dari 20 buah-buahan super sehat
sumber gambar: sreemeenakshifruits.com

Nanas adalah superstar nutrisi.  Satu cangkir (237 ml) nanas menyediakan 131% dari Referensi Asupan Harian (RDI) untuk vitamin C dan 76% RDI untuk mangan ( 5 ).

Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, campuran enzim yang dikenal sebagai sifat anti-peradangan dan kemampuan mencerna protein (  6  ).

Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah kanker dan pertumbuhan tumor (  7  ,  8  ).

3. Alpukat

10 dari 20 buah-buahan super sehat
sumber gambar: greenblender.com

Alpukat berbeda dengan buah pada umumnya. Bila sebagian besar buah mengandung karbohidrat, sebaliknya, alpukat rendah karbohidrat. Buah ini mengandung lemak sehat.

Sebagian besar lemak alpukat adalah asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang sangat penting bagi peradangan dan kesehatan jantung ( 9, 10 ). 

Selain lemak sehat, alpukat juga mengandung kalium, serat dan magnesium ( 11 ).  Satu buah alpukat keseluruhan menyediakan 28% RDI untuk kalium. Asupan kalium yang cukup dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan risiko stroke yang lebih rendah ( 11 , 12 ).

4. Blueberry

10 dari 20 buah-buahan super sehat
sumber gambar: faunadanflora.com

Blueberry memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar. Buah ini  memiliki profil nutrisi yang mengesankan, karena kandungan serat, vitamin C, vitamin K dan mangan yang sangat tinggi (  13  ). Ia juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan buah-buahan lain yang paling sering dikonsumsi (  14  ).

Antioksidan dalam blueberry dapat mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung, diabetes dan Alzheimer ( 15 ).

Di samping itu, buah ini juga dikenal sebagai efek yang kuat pada sistem kekebalan tubuh. Satu studi menemukan bahwa blueberry dapat memperbaiki sel dalam tubuh. Ini membantu Anda melawan stres oksidatif dan infeksi virus (  16 ).

Antioksidan dalam blueberry dapat memiliki efek perlindungan pada otak Anda. Misalnya, makan blueberry telah terbukti meningkatkan memori pada orang dewasa yang lebih tua (  17  ,  18  ).

5. Apel

10 dari 20 buah-buahan super sehat
sumber gambar: starkbros.com

Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang paling populer, dan juga sangat berkhasiat.

Buah ini  mengandung banyak serat, vitamin C, kalium dan vitamin K. Mereka juga menyediakan beberapa vitamin B (  19  ).

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam apel dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker dan Alzheimer ( 20 , 21 , 22 , 23 ).

Aktivitas antioksidan dalam apel juga telah dikaitkan dengan peningkatan kepadatan tulang pada hewan dan uji tabung ( 24 ).

Manfaat kesehatan penting lainnya dari apel adalah kandungan pektinnya. Pektin adalah serat prebiotik yang memberi makan bakteri baik dalam usus Anda dan membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan metabolik ( 25 , 26 ).

6. Delima

10 dari 20 buah-buahan super sehat

Buah delima adalah salah satu buah sehat yang bisa Anda makan. Tidak hanya padat nutrisi, delima juga mengandung unsur-unsur kuat yang bertanggung jawab untuk sebagian besar manfaat kesehatan manusia.

Tingkat antioksidan dalam delima telah terbukti tiga kali lebih tinggi dari  teh hijau  dan anggur merah (  27  ).

Penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima memiliki efek anti-radang dan dapat membantu mengurangi risiko kanker ( 28 , 29 , 30 ).

7. Mangga

10 dari 20 buah super sehat
sumber gambar: femina.co.id

Mangga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Ia juga mengandung serat larut, yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain itu, mangga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit ( 31 , 32 ).

Dalam penelitian hewan, senyawa tanaman di mangga telah terbukti dapat melindungi terhadap diabetes ( 31 , 33 ).

8. Stroberi

10 dari 20 buah super sehat
sumber gambar: diynetwork.com

Stroberi sangat bergizi. Buah ini mengandung vitamin C, mangan, folat, dan kalium ( 34 ).

Dibandingkan buah-buahan lain, stroberi memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Makan buah stroberi seharusnya tidak menyebabkan lonjakan gula darah besar ( 35 , 36 ).

Seperti keluarga berry lainnya, stroberi memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis ( 37 ).

Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menemukan bahwa stroberi juga dapat membantu mencegah pembentukan kanker dan tumor ( 38 , 39 ).

9. Cranberry

10 dari 20 buah super sehat
sumber gambar: myperfectgarden.eu

Cranberry memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan.  Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, kaya akan vitamin C, mangan, vitamin E, vitamin K1, dan tembaga (  40  ).

Cranberry juga mengandung sejumlah besar antioksidan yang disebut flavanol polifenol, yang dapat meningkatkan kesehatan ( 41 , 42 ).

Apa yang membuat cranberry unik dari buah lain adalah bahwa jus dan ekstraknya membantu mencegah infeksi saluran kemih ( 43 , 44 ).

A-Type proanthocyanidins adalah senyawa yang dianggap bertanggung jawab untuk efek ini, karena mereka dapat mencegah bakteri menempel pada lapisan kandung kemih dan saluran kemih ( 43 , 44 ).

10. Lemon

10 dari 20 buah super sehat
sumber gambar: abc.net.au

Lemon adalah buah jeruk yang sangat sehat yang dikenal karena mengandung vitamin C mereka yang tinggi.  Buah ini  sangat membantu dalam harga kesehatan karena potensi mereka untuk menurunkan lipid dan darah (  45  ,  46  ).

Berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan, peneliti juga mengusulkan bahwa senyawa tanaman dalam lemon dapat membantu mencegah penambahan berat badan ( 47 , 48 ).

Penelitian lain menunjukkan bahwa asam sitrat dalam jus lemon memiliki kemampuan untuk mengobati batu ginjal ( 49 ).

Sumber: healthline.com

1 thought on “10 dari 20 Buah-buahan Super Sehat”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: