10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Masuk angin adalah indikator kesehatan Anda

MYFAMILISEHAT.COM . Dunia Medis tidak mengenal “penyakit Masuk Angin.” Tapi orang Indonesia sangat mengenalnya. Untuk menghindari gejala masuk angin, myfamilisehat.com menampilkan 10 Cara Pengobatan Masuk Angin Secara Alami.

Baca Juga: Penyebab dan Dampak Masuk Angin

Berdasarkan konsekuensi-gejala yang diderita, sangat mungkin Masuk Angin merupakan akibat dari pilek dan penyakit maag.

Oleh karena itu, cara mencegah masuk angin bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi jenis herbal yang mampu memulihkan baik pilek maupun maag.

 

Inilah 10 cara mencegah dan mengobati masuk angin:

 

Resep 1: Jahe dan Madu

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Jahe dan madu efektif mencegah masuk angin

Jahe bukan hanya enak jadi, tetapi juga penuh dengan nutrisi dan zat bioaktif yang bermanfaat bagi manusia. Manusia telah lama menggunakan bahan pengobatan tradisional. Mulai dari pengobatan pencernaan, kurangi flu dan pilek hingga hindari penyakit diabetes dan kanker.

Kemampuan medis jahe ini berasal dari zat gingerol, minyak esensial yang memberikan aroma khas pada jahe. Gingerol sendiri adalah senyawa bioaktif yang bertanggung jawab untuk sifat obatnya dan memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Jahe mampu memulihkan dispepsia (gangguan pencernaan) yang ditandai dengan rasa frustrasi berulang dan ketidaknyamanan di bagian atas perut yang menyebabkan perut kembung dan nyaman.

Cara Membuat Resep Masuk Angin dari Jahe dan Madu : 1 rimpang jahe dicincang lalu direbus dengan 2 gelas air putih hingga mendidik. Setelah agak dingin, tambahkan 1 sendok madu dan siap diminum.

Dijamin, Anda akan terbebas dari masuk angin.

 

Baca juga: Kandungan nutrisi Jahe Yang Sangat Bermanfaat

 

Resep 2: Lemon dan Madu

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Kombinasi lemon dan madu efektif mencegah masuk angin

Lemon adalah pencahar yang baik untuk pencegahan sembelit. Air lemon hangat dapat membantu sistem pencernaan agar bekerja dengan baik.

Pengobatan Ayuverdiic mengatakan rasa asam pada lemon mampu menstimulasi “agni” seseorang. Dalam pengobatan ayuverda, agni yang kuat membangun sistem pencernaan sehingga proses pencernaan menjadi lebih mudah dan menghindari penumpukan racun.

Sementara madu mengandung antioksidan, antivirus dan antibakteri. Kombinasinya dengan lemon mampu mengatasi masuknya angin dan juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian di Universitas Negeri Pennsylvania, tahun 2007, menemukan bukti bahwa 40% dari 105 anak-anak yang mengidap infeksi saluran pernafasan terhindar dari batuk dan tidak memerlukan gelisah tidur dibandingkan dengan anak-anak yang tidak disetujui madu. .

Cara Membuat Resep Masuk Angin dari Lemon dan Madu: siapkan setengah lemon, 1 sendok madu dan 1 gelas air panas. Peraslah lemon ke dalam air panas. Lalu tambahkan 1 sendok madu. Diaduk hingga rata, siap dihidangkan.

Catatan: Bila bayi dan balita masuk angin, jangan gunakan resep ini, karena spora botulism yang terkandung pada madu sangat kuat sehingga bisa merusak system kekebalan tubuh bayi Anda.

 

Resep 3: Sop Ayam

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Sop ayam adalah salah satu alternatif pencegah masuk angin

Sop yang terdiri dari kaldu ayam, daging ayam, wortel, kentang, tomat, bawang putih, daung bawang serta paket bumbu ini adalah masakan enak. Sop ini bisa mengobati masuk angin karena mampu menghambat peradangan saluras brochial yang menyebabkan batuk dan pilek.

Ayam juga mengandung asam amino yang berperan seperti obat acetyclysteine yang digunakan untuk mengobati bronchitis dan penyakit paru-paru lainnya.

 

Resep 4: Minyak Kayu Putih

 

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Minak kayu putih salah satu obat luar pencegah masuk angin yang kuat

Minyak kayu putih berasal dari pohon eukapliptus mengandung beberapa senyawa, di antaranya adalah cineole. Senyawa ini mampu memerangi virus, bakteri jahat dan jamur.

Menurut hasil penelitian oleh University og Heidelberg – Jerman, minyak kayu putih juga dapat mengurangi inveksi virus penyebab pilek dan flu.

Sudah lama eukaliptus dikenal karena sifat aniseptiknya yang kuat. Dapat digunakan sebagai minyak gosok karena memiliki banyak Manfaat . Penderita asma atau pilek yang sangat sulit dan sulit  bernapas, seperti kesulitan pada bagian dada, maka minyak eukaliptus dapat membantu mengurangi rasa sesak akibat asma dan pilek yang melanda tubuh Anda.

Resep Minyak Kayu Putih: Cukup oleskan pada bagain dada untuk merawat dan melegakan rongga pernapasan Anda.  Untuk pengobatan sinus: siapkan air panas dan berikan beberapa tetes minyak kayu putih lalu hirupkan uapnya dalam-dalam.

Uap ini akan membantu melonggarkan dan melegakan rongga hidung dan dapat menghilangkan gejala sinus dan hidung mampet.

 

Resep 5: Tidur dan Istirahat Yang Cukup

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Cara paling mudah melawan pilek dan flu adalah tidu. Usahakan agar tidumu seperti tidur bayi

Masuk angin bisa disebabkan karena tubuh yang sangat lemah setelah dipaksa untuk bekerja keras.

Maka cara yang paling sederhana untuk mengobati masuk angin adalah tidur dan beristirahat. Tidur diperlukan agar sel-sel tubuh dipulihkan kembali kondisinya. Istirahat diperlukan agar tubuh yang sudah dipaksa bekerja keras diberi waktu untuk rileks.

Bila perlu, tidur lebih dari 8 jam di malam hari. Juga penting untuk menjaga suhu kamar. Suhu yang terlalu dingin justru bisa membuat sel-sel tubuh Anda bekerja untuk menyesuaikan suku kamar dengan suhu tubuh.

 

Resep 6: Banyak Minum Air Putih

Walaupun rasa tidak nyaman, Anda harus banyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga kecukupan cairan tubuh.

Bila memungkinkan, Anda bisa membuat infused water dari irisan lemon ditambah daun mint kalau ada di halaman rumah Anda.

Hindari minuman bersoda yang diproduksi lewat proses karbonasi dan minuman berkafein seperti kopi, teh dan coklat. Minuman bersoda biasanya meninggalkan gal di dalam usus sehingga justru memperparah kondisi masuk angin. Minuman berkafein harus dihindari karena dapat menyebabkan dehidrasi.

 

Resep 7: Peppermint

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Peppermint atau yang lebih dikenal dengan daun minta salah satu herbal pencegah masuk angin

Tumbuhan ini dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan, terutama irritable bowel syndrome. IBS adalah gangguan usus yang menyebabkan perut kembung, kram perut dan BAB tak teratur.

Peppermint berperan mengaktifkan saluran antinyeri di usus besar sehingga dapat mengurangi rasa nyeri karena peradangan usus.

Selain itu, peppermint dapat meredakan rasa mual. Menurut University of Maryland Medical Center ( UMM ), peppermint juga dapat menenangkan otot perut dan memperbaiki aliran empedu yang berguna untuk mencerna lemak.

Peppermint sebagai obat masuk angin dapat Anda dapatkan dalam bentuk dikeringkan atau juga dalam bentuk essential oil di online market.

 

Resep 8: Rempah-rempah

Beberapa rempah di dapur seperti kayu manis dan jinten dapat digunakan untuk mengurangi gejala mual.

Kayu manis dan jinten dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual dan munta. Cukup diaduk dengan air panas, kedua rempah itu sudah mampu mengusir masuk angin.

 

Resep 9: Makan Makanan Bergizi

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Sayuran adalah salah satu makanan yang harus dikonsumsi demi keseimbangan gizi

Badan terasa tidak enak adalah tanda bahwa tubuh Anda terpapar oleh banyak musuh, yaitu virus, bakteri, kuman dan system imun tubuh Anda sudah kewalahan menghadapi para musuh itu.

Karena itu, Anda harus membantu system imun tubuh itu dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Vitamin, mineral dan zat-zat nutrisi lainnya harus dipasok ke dalam tubuh untuk membantul sel-sel tubuh melawan virus, bakteri dan radikal bebas.

Buah-buahan, sayuran, ikan adalah makanan yang harus dikonsumsi. Karena vitamin, mineral dan nutrisi penting semuanya terkandung di sana.

 

 Resep 10:  Kerokan

10 Resep Herbal Mencegah dan Mengobati Masuk Angin
Kerokan bisa menjadi satu alternatif pencegah masuk angin

Kerokan adalah system pengobatan tradisional yang banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin.

Kerokan adalah tindak menggosok-gosok kulit pungung dan belakang dengan koin, sendok atau alat khusus setelah sebelumnya kulit dibaluri dengan balsam, minyak angin atau minyak kepala yang dicampur bawang merah.

Memang ada yang tidak setuju dengan tindakan kerokan ini karena kerokan menyebabkan pelebaran pori-pori kulit yang justru semakin mempermudah angin masuk dalam tubuh.

Tetapi Guru Besar Fakultas Kedokteran UniversitasSebelas Maret ( UNS ) Solo, Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, M.Kes mengatakan bahwa kerokan aman untuk meringankan gejala masuk angin dan minim efek samping.

 

Kesimpulan

Itulah 10 Cara Mencegah dan Mengobati Masuk Angin. Bila mendapati gejala-gejala yang mengarah ke kondisi masuk angina, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa pilihan resep 10 Cara Mencegah dan Mengobati Masuk Angin.

Hal yang paling utama adalah menjaga agar tubuh tetap sehat. Namun, karena masuknya angina ini adalah masalah umum yang bisa menimpa siapa saja, maka pengetahuan tentang cara mencegah dan mengatasi masuk angin harus kita miliki.

Minimal satu atau dua resep, sangat membantu diri sendiri saat mendapat masuk angin.

 

Baca Juga: Aneka Faedah Limau Kasturi Bagi Kesehatan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: