11 Jenis Makanan Untuk Proteksi Jantung

MYFAMILISEHAT.COM. Sepertigaatian di dunia yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit jantung tidak mengenal usia, jenis kelamin dan kelas sosial. Siapapun, pria wanita, tua muda, atau kaya beresiko penyakit ini. Untuk menghindarinya, Myfamilisehat.com akan memimpin 11 Makanan Terbaik untuk Proteksi Jantung.

 

Sehat adalah Pilihan

Kesehatan adalah ciptaan sendiri. Artinya, sehat atau tidaknya seseorang ditentukan oleh orang itu sendiri.

“Kadar gula Bapa sangat tinggi. Ini karena Bapak tidak suka makan berserat, ”kira-kira begitu kata dokter saat seseorang memeriksakan diri. 

Pernyataan dokter di bagian atas: dalam banyak kasus, penyakit yang diderita seseorang karena disebabkan oleh gaya sendiri. Selain, Tentu saja, faktor genetis atau Lingkungan fisik. Karena itu, “Anda adalah apa yang Anda Makan” semestinya menjadi perhatian juga.

 

11 Jenis Makanan Terbaik Untuk Proteksi Jantung

Serangan jantung adalah penyakit pemulihan nomor satu di dunia. Lebih dari 30% kematian di seluruh dunia terjadi karena penyakit jantung. Mengumumkan potensi yang berpotensi sebagai penyebab penyakit jantung.

Bila Anda tidak mau menentang penyakit itu, jalan yang harus Anda ambil adalah gaya hidup dan mulai sekarang, perbanyak konsumsi jenis makanan alami, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan tertentu sangat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolestrol dan peradangan yang semuanya mempertinggi risiko akibat penyakit jantung.

Di sini kami promosikan 11 Jenis Makanan Terbaik Untuk Proteksi Jantung, yaitu:

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau baik untuk kesehatan jantung

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi terkenal karena kaya akan vitamin, mineral dan kandungan antioksidan.

Dapat dikonsumsi sayuran hijau kaya akan vitamin K yang sangat baik untuk melindungi arteri dan meningkatkan darah. Selain vitamin K, kandungan nitratnya terbukti mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Beberapa penelitian menemukan adanya hubungan antara asupan sayuran dengan penyakit jantung, di mana orang yang sering mengonsumsi sayuran hijau memiliki risiko penyakit 16% lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak.

 

Gandum Utuh

gandum utuh baik untuk kesehatan jantung

Tiga bagian gandum utuh, kaya akan nutrisi. Dibanding dengan biji-bijian olahan, gandum utuh memiliki serat yang jauh lebih tinggi yang dapat membantu mengurangi kolestrol LDL sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Berbagai penelitian menemukan cara menemukan biji-bijian utuh ke dalam makanan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Lebih dari 45 studi dapat menghabiskan 3 porsi biji-bijian setiap hari Penelitian lain juga menemukan jumlah makan 3 porsi biji-bijian mampu menurunkan tekanan darah sebesar 6mmHg – cukup untuk mengurangi risiko memerlukan stroke sekitar 25%.

 

Berry

Berry baik untuk kesehatan jantung

Keluarga berry ( stroberi, blueberry, blackberry ) kaya akan nutrisi penting yang sangat berperan bagi kesehatan jantung. Ini karena berry kaya akan antioksidan, seperti anthocyanin yang memproteksi tubuh terhadap stress oksidatif dan peradangan – 2 hal yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa banyak makan buah berry dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Contoh, satu studi pada 27 orang dewasa dengan sindrom metabolic ( sekelompok kondisi yang terkait dengan resiko penyakit jantung yang lebih tinggi ) menunjukkan bahwa minum minuman yang terbuat dari berry beku selama 8 minggu mampu menurunkan kolestrol LDL sebesar 11%. Studi lain lagi menemukan bahwa makan blueberry setiap hari meningkatkan fungsi yang melapisi pembuluh darah sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan pembekuan darah.

 

Alpukat

Alpukat baik untuk kesehatan

Alpukat adalah jenis buahan dengan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Mengkonsumsi alpukat mampu menurunkan kadar kolestrol sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Suatu studi yang melibatkan 45 orang diet penurun kolestrol akibat kelebihan berat badan dengan satu kelompok uji yang mengkonsumsi satu alpukat per hari. Hasilnya, kelompok alpukat mengalami pengurangan kolestrol LDL jauh lebih signifikan dari kelompok lainnya.

Alpukat juga kaya kalium, nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Faktanya, satu alpukat memasok 975 miligram kalium atau sekitar 28% dari jumlah yang dibtuhkan tubuh per hari. Mendapatkan setidaknya 4,7 gram kalium per hari mampu menurunkan tekanan darah rata-rata 8,0/4/1 mmHg setara dengan 15% lebih rendah terkena stroke.

 

Ikan Berlemak dan Minyak Ikan

Minyak ikan dan ikan berlemak baik untuk kesehatan jantung

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, sarden dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3. Suatu zat yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.

Studi ini memperlihatkan betapa pentingnya makan ikan berlemak untuk kesehatan jantung. Namun, jika Anda tidak banyak mengkonsmsi makanan laut, minyak ikan adalah pilihan lain untuk mendapatkan dosis lemak omega-3 harian.

Suplemen minyak ikan terbukti mampu mengurangi trigliserida darah, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi arteri. Suplmen omega-3 lainnya seperti minyak krill atau minyak alga juga merupakan alternative yang populer.

 

Kenari

Kacang kenari baik untuk kesehatan jantung

Kenari adalah sumber serat dan mikronutrien yang bagus seperti magnesium, tembaga dan mangan.

Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan beberapa porsi kacang walnut ke dalam diet, dapat melindungi Anda dari resiko terkena penyakit jantung.

Sebuah ulasan menulis, makan kacang kenari dapat mengurangi kolestrol jahat LDL hingga 16%, menurunkan tekanan darah diastolic 2-3 mmHg serta  mengurangi stress oksidatif dan peradangan.

Studi lain pada 365 peserta menunjukkan bahwa diet yang dilengkapi dengan kacang kenari secara signifikan mampu menurunkan LDL dan kolstrol total.

 

Kacang

Kacang baik untuk kesehatan jantung

Kacang mengandung pati resisten yang tahan terhadap pencernaan dan difermentasi oleh bakteri sehingga memberi manfaat bagi usus.

Beberapa penelitian pada hewan membuktikan pati resisten mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar trigliserida dan kolestrol dalam darah. Pada berbagai penelitian juga ditemukan bahwa makan kacang dapat mengurangi resiko tertentu dari penyakit jantung. Misalnya dalam suatu studi terhadap 16 orang ditemukan bahwa makan kacang pinto menurunkan kadar trigliserida dan kolestrol jahat LDL. Satu ulasan dari 26 studi juga menemukan bahwa diet tinggi kacang dan polong-polongan mampu menurunkan kadar kolestrol jahat LDL secara signifikan.

Terlebih lagi, mengkonsumsi kacang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan peradangan, di mana keduanya merupakan pemicu resiko penyakit jantung.

 

Coklat Hitam

Coklat hitam baik untuk kesehatan jantung

Coklat hitam kaya akan antioksidan seperti falovonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian mengaitkan makan coklat dengan kesehatan jantung. Sebuah studi memperlihatkan, mereka yang makan coklat setidaknya lima kali per minggu memiliki resiko 57% lebih rendah terkena penyakit jantung koroner daripada yang tidak makan coklat.

Studi lain membuktikan bahwa makan coklat setidaknya dua kali per minggu memiliki resiko 32% lebih rendah mengalami plak kalsifikasi di arteri.

Catatan: Untuk mendapatkan manfaat di atas, pastikan pilih coklat hitam berkualitas tinggi setidaknya 70% mengandung kakao. Sebab bila terlalu banyak gula dan kalori bisa menyebabkan efek kesehatan coklat menurun.

 

Tomat

Tomat baik untuk kesehatan jantung

Kandungan lycopene, pigmen alami pada tomat mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan, di mana keduanya berkontribusi pada penyakit jantung.

Satu ulasan dari 25 studi menunjukkan bahwa asupan makanan dengan likopen yang tinggi terkait erat dengan penurunan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Studi lain pada 50 wanita dengan kelebihan berat badan memperlihatkan bahwa makan 2 tomat mentah 4 kali per minggu mampu meningkatkan kadar kolestrol baik HDL. Perlu diketahui, HDL yang lebih tinggi mampu mengurangi kadar kolestrol jahat dan plak dari arteri sehingga jantung terlindungi dari penyakit dan stroke.

 

Bawang Putih

Bawang putih baik untuk kesehatan jantung

Selama berabad-abad bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah mengkonfrmasi khasiatnya yang manjur dan menemukan bukti bahwa bawang putih bahkan mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Ini terjadi karena senyawa allicin-nya yang diyakini memiliki banyak efek terapeutik. Sebuah studi membuktikan, mengkonsumsi ekstrak bawang putih dengan dosis 600 – 1.500 mg per hari selama 24 minggu sama efektifnya dengan obat resep untuk mengurangi tekanan darah.

Sebuah ulasan merangkum hasil dari 39 studi dan menemukan bahwa bawang putih mampu mengurangi kolestrol rata-rata 17 mg/dL dan kolestrol jahat LDL sebesar 9 mg/dL pada mereka yang mengidap kolestrol tinggi.

 

Teh Hijau

Matcha baik untuk kesehatan jantung

Teh hijau telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan pembakaran lemak hingga peningkatan sensitivitas insulin.

Selain itu, teh hijau juga penuh dengan kandungan polifenol dan katekin yang bertindak sebagai antioksidan pencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung.

Sebuah ulasan dari 20 studi menegaskan, asupan katekin teh hijau mampu menurunkan kadar kolestrol LDL dan kolestrol total secara signifikan.

Studi lain menemukan fakta, mengkonsumsi ekstrak teh hijau selama 3 bulan mampu mengurangi tekanan darah, trigliserida, LDL dan kolestrol total dibandingkan dengan placebo.

Mengkonsumsi suplemen teh hijau atau meminum matcha, minuman yang mirip teh hijau tetapi dibuat dari teh utuh, juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

 

Penutup: 11 Jenis Makanan Terbaik Untuk Proteksi Jantung

Dari ulasan terhadap 11 Jenis Makanan Terbaik Untuk Proteksi Jantung menjadi jelas bahwa ada hubungan yang erat antara pola asupan makan dengan penyakit jantung.

Apa yang disajikan di meja makan keluarga memengaruhi hamper semua aspek kesehatan jantung, mulai dari tekanan darah, kadar kolestrol dan trigliserida.

Memasukkan 11 Jenis Makanan Terbaik Untuk Proteksi Jantung seperti yang dipaparkan di atas merupakan pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan meminimalisir resiko penyakit jantung.

Sebetulnya Anda sudah tahu makanan mana saja yang baik untuk kesehatan dan mana yang tidak baik. Akhirnya pilihan Anda lah yang menentukan kualitas kesehatan Anda sendiri.

Mau jantung tetap sehat? Hadirkan minimal salah satu dari 11 Jenis Makanan Terbaik Untuk Proteksi Jantung di meja makan keluarga setiap hari. Sehat itu pilihan, bukan takdir.

 

Sumber: healtline.com

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: