20 Jenis Buah-Buahan Super Sehat

MYFAMILISEHAT.COM. Buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Pada postingan ini, myfamilisehat.com memaparkan 10 dari 20 Jenis Buah-Buahan Super Sehat. Postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya.

Baca juga: 10 dari 20 Buah-Buahan Super Sehat

Harapan kami, postingan ini mampu memberikan pencerahan bagi Anda untuk mengkonsumsi jenis buah-buahan yang sangat recomended bagi kesehatan tubuh Anda. 

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat 

11. Durian

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar: kompas.com

Jenis buah-buahan ini dijuluki Raja Buah. Satu cangkir durian ( 237 ml ) mengandung 80 RDI vitamin C ( 50 ). Buah ini juga kaya akan mangan, vitamin B, tembaga, folat dan magnesium. 

Selain itu, durian juga mengandung beberapa senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan ( 51 ). 

12. Semangka

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar: www.brilio.net

Buah ini kaya akan vitamin A dan vitamin C. Juga kaya akan beberapa anitoksidan penting seperti lycopene, caratenoids dan cucurbitacin E.

Beberapa antioksidan semangka diyakini memiliki efek anti kanker. 

Asupan likopen dikaitkan dengan penurunan resiko kanker pada sistem pencernaan, sementara cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor ( 52 , 53 ).

Mengkonsumsi makanan yang kaya lycopene juga dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kemampuan mereka mengurangi kolesterol dan tekanan darah ( 52 )

Dari semua buah, semangka adalah buah yang paling melembapkan karena mengandung air 92%, yang membantu Anda cepat merasa kenyang ( 52 ).

13. Minyak Zaitun

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar: mnn.com

Minyak zaitun adalah sumber vitamin E, tembaga, zat besi dan kalsium.

Selain itu, minyak zaitun juga juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kerusakan hati serta memiliki efek anti-inflamasi ( 54 , 55 , 56 ).

14. Blackberry

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar: videoblocks.com

Buah ini mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang kuat. Kandungan vitamin C, K dan mangannya sangat mengesankan.

Satu cangkir blackberry ( 237 ml ) menyediakan 8 gram serat ( 60 ).

Juga antioksidannya terbukti mengurangi peradangan dan penuaan arteri. Kedua hal itu mampu melindungi terhadap penyakit kronis, yaitu jantung dan kanker ( 37 , 61 ).

15. Jeruk

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar:  justfunfacts.com

Buah ini merupakan buah terpopuler dan paling bergizi di dunia.

Makan 1 jeruk berukuran sedang memberikan sejumpal besar vitamin C dan kalium. Jeruk juga merupakan sumber vitamin B yang baik seperti tiamin dan folat ( 62 ).

Senyawa yang terkandung dalam jeruk bertanggungjawab untuk sebagian besar kesehatan manusia; termasuk di dalamnya flavonoid, karatenoid dan asam sitrat. Senyawa asam sitrat mengurangi resiko batu ginjal ( 63 , 64 ).

Sama seperti lemon, jeruk mengandung vitamin C dan asam sitrat yang sangat mengesankan, yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia ( 65 , 66 ).

16. Pisang

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat

Buah ini kaya vitamin dan mineral serta memiliki beberapa manfaat kesehatan. 

Pisang terkenal karena tingginya potasium. Satu buah pisang menyediakan 12 % RDI untuk mineral ini ( 67 ).

Satu properti unik pisang adalah susunan karbohidratnya. Karbohidrat dalam warna hijau, pisang yang belum matang, terdiri dari pati resisten yang dapat meningkatkan kontrol gula darah dan membuat Anda merasa kenyang ( 68 ).

Pisang juga mengandung pektin yang dapat meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan pencernaan ( 69 , 70 , 71 ).

Hasil penelitian juga telah menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat dan mineral yang tinggi dari pisang menjadikan mereka sumber bahan bakar yang bagus sebelum berolahraga ( 72 ).

17. Anggur Merah dan Ungu

Anggur sangat sehat. Kandungan antioksidan mereka yang tinggi membuat mereka menonjol.

Anthocyanin dan resveratrol pada anggur telah terbukti mengurangi peradangan ( 73 , 74 ).

Juga, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam buah anggur dapat membantu melindungi jantung, mata, sendi dan otak Anda ( 75 , 76 , 77 , 78 , 79 ).

18. Jambu Biji

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar:  momjunction.com

Jambu biji memiliki profil nutrisi yang luar biasa. Bayangkan, makan 1 ons jambu memberi 107% RDI untuk vitamin C ( 80 ). Jambu biji juga kaya serat, folat, vitamin A, kalium, tembaga dan mangan ( 80 ).

Antioksidan dalam jambu bijiterbukti melindungi sel dari kerusakan oksidatif, menunjukkan bahwa jambu biji mampu mengurangi resiko penyakit kronis ( 81 , 82 ).

Jambu biji merupakan sumber pektin yang bermanfaat bagi pencernaan dan mencegah kanker usus besar  ( 83 ).

19. Pepaya

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar: thespruceeats.com

Pepaya adalah buah yang sangat sehat, kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, kalium dan folat.  Buah ini juga kaya antioksidan anti-kanker lycopene ( 84 ).

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa tubuh menyerap lycopene lebih baik dari pepaya daripada dari buah dan sayuran kaya likopen lainnya ( 85 ).

Ada juga beberapa bukti bahwa pepaya dapat memperbaiki pencernaan. Ini mengandung papain, enzim yang membuat protein lebih mudah dicerna ( 86 ).

20. Ceri

20 Jenis Buah-Buahan  Super Sehat
sumber gambar: irishtimes.com

Buah ini kaya akan nutrisi, terutama kalium, serat dan vitamin C. Ceri juga mengandung antioksidan, termasuk anthocyanin dan karotenoid, yang mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah beberapa penyakit ( 87 , 88 ).

Manfaat kesehatan lain yang mengesankan dari ceri adalah kandungan melatonin mereka ( 89 ).

Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak Anda ketika saatnya untuk tidur. Ini dapat membantu mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya ( 90 ).

Satu studi menyimpulkan bahwa kandungan melatonin dalam jus ceri tart meningkatkan durasi dan kualitas tidur ( 91 ).

Sumber: healthline.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: