9 Manfaat Limau Kasturi Yang Terbukti Secara Ilmiah

myfamilisehat.com. Limau kasturi, buah dengan rasa asam bercampur manis menyegarkan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Pada postingan kali ini, myfamilisehat akan menampilkan 9 Manfaat Limau Kasturi Yang Terbukti Secara Ilmiah. Mudah-mudahan bisa membawa pencerahan dan mendorong Anda untuk menghadirkannya di tengah keluarga mengingat banyaknya manfaat bagi kesehatan manusia.

 

9 Manfaat Limau Kasturi Yang Terbukti Secara Ilmiah

Buah asam ini kaya akan vitamin C dan antioksidan tertentu, di antaranya limonene. Limau kasturi juga mengandung kalium, vitamin A dan kalsium. Meskipun asam, buah ini sangat populer di kalangan orang Filipina – tempat tumbuhan ini berasal – karena banyak sekali manfaat yang sangat mengesankan bagi kesehatan tubuh manusia ( 1 ).

Keunggulan limau kasturi terletak dalam kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menetralkan kadar keasaman di perut, membantu penurunan berat badan, merangsang pertumbuhan dan perbaikan sel, detoksifikasi tubuh, menurunkan kolesterol, mengelola diabetes serta mengobati infeksi pernapasan.

Berikut ini merupakan 9 Manfaat Limau Kasturi Yang Terbukti Secara Ilmiah bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia:

 

Baca Juga: Aneka Manfaat Limau Kasturi

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Bukti anekdotal dan beberapa penelitian memperlihatkan bahwa jus buah asam ini dapat membantu manusia menurunkan kadar kolesterol, yang merupakan tahapan penting menuju penurunan berat badan dan menjauhkan sindrol metabolik ( 2 ). 

Jus ini juga membantu menurunkan resiko atherosclerosis ( peradangan pembuluh darah yang disebabkan karena penumpukkan plak pada arteri ) resiko serangan jantung dan stroke.

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalamnya serta beberapa nutrisi penting lainnya, limau kasturi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ( 3 ). Limau kasturi dapat menstimulasi produksi sel darah putih dan melawan efek negatif radikal bebas karena sifat antioksidan dan antibakterinya.

 

3. Menurunkan Asam Lambung

Meskipun terasa asam dan mengandung asam sitrat, limau kasturi merupakan “penenang perut” yang baik. Jus buah ini dapat menurunkan tingkat peradangan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, mampu menurunkan resiko terkena bisul, dan melindung Anda dari penyakit asam lambung ( 4 ).

 

Baca Juga: Limau Kasturi Menurunkan Kadar Kolsterol

4. Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C adalah elemen penting dalam produksi kolagen, yang merupakan senyawa yang amat dibutuhkan dalam membangun jaringan, serat otot serta seluruh sel di dalam tubuh ( 5 ).

Jus limau kasturi menghasilkan pancaran asam askorbat yang akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk bertumbuh serta memperbaiki kerusakah sel dan jaringan akibat cedera, penyakit atau pembedahan medis.

 

Baca Juga: Limau Kasturi – Face Anti Aging

5. Mengontrol Diabetes

9 manfaat limau kasturi yang terbukti secara ilmiah
sumber gambar: thehealthsite.com

Sejumlah besar penelitian telah dilakukan terhadap limau kasturi terkait pengaruhnya pada penyakit gula darah ( 6 ).

Terbukti limau kasturi dapat membantu pelepasan glukosa dan insulin ke dalam aliran darah, dan tentu saja ini merupakan berita baik bagi penderita diabetes dan mereka yang beroptensi terkena penyakit ini karena faktor keturunan. 

 

6. Mengontrol dan Menurunkan Berat Badan

Tumbuhan kaya manfaat bagi hidup manusia ini sangat ideal untuk mengontrol dan terutama menurunkan berat badan berlebihan. Karena tumbuhan ini tidak hanya mampu meningkatkan metabolisme tetapi juga secara pasti dapat meningkatkan pembakaran lemak dan kalori  sepanjang hari. Saat yang sama limau kasturi juga melakukan detoksifikasi untuk memperbaiki   semua organ Anda yang terpapar racun akibat radikal bebas.

Dengan pengurangan timbunan lemak, Anda akan memiliki banyak energi yang dapat digunakan untuk aktivitas. Minum segelas jus limau kasturi setiap pagi dapat merangsang tubuh mencapai berat badan yang ideal.

 

7. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Kandungan asam sitrat yang kuat pada limau kasturi membantu mengurangi dahak dan lendir yang merupakan penyebab utama infeksi saluran pernapasan. Limau kasturi mampu  meredakan peradangan pada tenggorokan dan seluruh saluran pernapasan ( 7 ).

 

8. Untuk Perawatan dan Pemutih Kulit Alami

Di seluruh Asia, orang menggunakan perasan limau kasturi melumuri kulit mereka karena jeruk ini berfungsi sebagai bahan pemutih kulit alami. Karena limau kasturi, selain membersihkan  kulit dari noda dan perubahan warna, juga dapat memberikan antioksidan pada kulit yang mampu mencegah kerutan dan tanda-tanda penuaan dini lainnya ( 8 ). 

Baca Juga: Limau Kasturi Sembuhkan Maag/Asam Lambung

9. Detoksifikasi Tubuh

Limau kasturi merupakan zat pembersih racun dari dalam tubuh yang efektif karena mampu memperkuat fungsi hati, ginjal dan kantong empedu. Ketiga organ ini punya peran vital membantu tubuh menghilangkan racun yang berlebihan dari dalam dan dibuang lewat kotoran atau keringat ( 9 ). 

 

Penutup

Kandungan nutrisi yang kaya dan terbukti secara ilmiah memperoleh penegasan kebenarannya dalam pemakaian produk berbahan dasar limau kasturi.

Limau kasturi telah banyak diolah dan menghasilkan produk kesehatan yang terbukti mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit-penyakit degeneratif hingga penyakit kulit yang kalau dirawat secara klinis harus menghabiskan banyak uang.

Untuk mendapatkan semua benefit limau kasturi, Anda bisa mengolahnya sendiri sesuai dengan petunjuk cara membuat limau kasturi seperti yang kami paparkan di bagian akhir artikel ini.

Atau juga Anda bisa mengkonsumsi produk berbahan dasar limau kasturi yang kami pasarkan lewat blog ini. Bergabung bersama kami akan membuat Anda bukan saja mendapatkan manfaat kesehatan dari kualitas limau kasturi tetapi juga peluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara membangun jaringan dan menjadi reseller produk PT. Internasional Limau Kasturi ILK.

Dua Peluang Besar Limau Kasturi ( klik DI SINI )

Cara Membuat Jus Limau Kasturi

9 Manfaat Limau Kasturi Yang Terbukti Secara Ilmiah

Mengingat besarnya faedah tumbuhan ini, Anda bisa membuat jusnya di rumah Anda sendiri, asalkan memiliki persediaannya.

Untuk wilayah di luar Asia Tenggara, Anda dapat menemukan buah ini di toko grosir buah-buahan impor.

 

Bahan Yang Diperlukan

  • 12 – 14 buah limau kasturi
  • 2 gelas gula murni yang sudah dicairkan
  • 2 gelar air putih
  • Bisa ditambah madu murni

Cara Membuat

  1. Cuci bersih limau kasturi dan keringkan air
  2. Potong bagi 2 masing-masing limau tersebut
  3. Peras masing-masing potongan jeruk itu dengan menggunakan saringan
  4. Tambahkan gula dan air putih yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk hingga merata
  5. Bila perlu tambahkan madu
  6. Rasakan; bila terlalu asam tambahkan gula dan air
  7. Dinginkan di kulkas sebelum dihidangkan

 

Efek Samping Limau Kasturi 

Di balik 9 Manfaat Limau Kasturi yang Terbukti Secara Ilmiah, limau kasturi juga mengandung efek samping:

1. Menciptakan Masalah Pada Perut

Di samping perannya mendetoksifikasi dan anti radang, zat astringent yang terkandung dalam limau kasturi berpotensi mengiritasi lambung. Jika Anda memiliki usus sensitif, pastikan untuk mengurangi konsumsi jus limau kasturi untuk mencegah diare atau keram perut.

 

2. Masalah Pada Ginjal

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi serta kemampuannya merangsang buang air kecil, jus ini bisa menyebabkan munculnya masalah di ginjal.

 

Sumber: https://www.organicfacts.net

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: