Bawang Putih: Tumbuhan Dewa Berjuta Faedah

myfamilisehat solusi kesehatan dan penghasilan tambahan keluarga
Bawang Putih tumbuhan  berumbi kaya manfaat bagi manusia

MYFAMILISEHAT.COM. Bawang Putih: Tumbuhan Dewa Berjuta Faedah. Beberapa tumbuhan adalah anugerah kehidupan, di antaranya bawang putih. Peranan mereka sangat penting bagi kesehatan manusia mulai dari pembentuk efektif sel-sel hidup, menangkal proses penuaan dini akibat radikal bebas hingga memperlambat proses penuaan alami.

Pada postingan kali ini, myfamilisehat menampilkan aneka manfaat bawang putih bagi kehidupan manusia. 

Asal Usul dan Persebaran Bawang Putih

Bawang putih sudah ribuan tahun dibudidaya manusia karena sangat bermanfaat. Bukan saja sebagai rempah penyedap makanan, bawang putih sejak ribuan tahun lalu sudah dipakai sebagai herbal penyembuh dan pencegah berbagai penyakit.

Tumbuhan yang semula bertumbuh liar di daratan Cina, India, Mesir, dan apa yang sekarang Ukraina, kini telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi bahan wajib yang harus disediakan di dapur-dapur tiap rumah tangga.  Bawang putih telah dibudidayakan selama ribuan tahun di berbagai wilayah dunia dan telah menjadi pokok dalam masakan di banyak benua.

Cina sejauh ini merupakan produsen bawang putih komersial terbesar di dunia, dengan produksi 20 juta ton pada tahun 2014. Pada tahun yang sama, India adalah produsen terbesar kedua dengan sekitar 1,25 juta ton, dan Korea Selatan, Mesir, dan Rusia melengkapi lima negara  produksi bawang putih terbesar. Antara 50-75% dari semua bawang putih yang dikonsumsi di AS saat ini tumbuh di Cina. Meksiko dan Argentina juga merupakan sumber penting untuk impor bawang putih ke AS. Saat ini, AS berfungsi sebagai pasar impor nomor satu untuk bawang putih segar di seluruh dunia. Permintaan  bawang putih segar di AS jelas tercermin dalam sejarah penggunaan kami yang meningkat: dengan basis per kapita, rata-rata orang dewasa AS sekitar 2 pon bawang putih per tahun, dibandingkan dengan kurang dari ½ pound per tahun pada awal tahun 1970-an.

Di Amerika Serikat, 80-90% dari semua bawang putih berasal dari California. Dua wilayah negara sangat penting untuk produksi bawang putih: Lembah San Joaquin barat dan daerah barat pegunungan Diablo. Bawang putih dalam jumlah yang lebih kecil ditanam secara komersial di Oregon, Nevada, dan Arizona.

Manfaat Kesehatan Bawang Putih

Karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, Hippocrates – Bapak Kedokteran Barat, bahkan meresepkan bawang putih untuk memperbaiki berbagai kondisi medis. 

Bawang putih dan madu sangat baik untuk vitalitas pria

Anti-bakteri dan anti-virus, anti-peradangan, anti-trombotik (penggumpalan darah), anti-obesitas, vasodilator (pelancar aliran darah), penurun tekanan darah, pemurni darah, pengontrol kadar gula darah, penambah energi  atau stamina tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, penghilang rasa mual, pembakar / pengontrol lemak, antioksidan,  pelancar pencernaan dan metabolisme, ekspektoran (pembersih), pelindung tubuh dari keracunan, dan pengatur aktivitas saraf.

Umbi bawang putih berkhasiat anti-bakteri yang kuat terhadap organisme penyakit seperti disentri shigella (dysenterrica shigella),tifus salmonella (tiphus salmonella), infeksi streptococcus, dan infeksi stephlococci.

Aneka manfaat bawang putih

Bawang putih memiliki agen anti-trombotik karena kandungan bahan yang mencegah penggumpalan darah. Sebagai vasodilator (pelancar aliran darah) bawang putih menurunkan tekanan darah tinggi karena membersihkan pembuluh darah.

Bawang putih berdampak signifikan terhadap darah dan penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL). Bawang putih mengontrol juga produksi kolesterol jahat LDL pada liver (hati).

Bawang putih meningkatkan kekebalan dan meredakan pembengkakan tulang, jaringan, sendi, dan tulang rawan.

Penyakit yang Dapat Diobati Bawang Putih 

Bawang putih adalah satu jenis pengobatan tradisional tertua di dunia. Digunakan untuk menyembuhkan penyakit infeksi, seperti tifus, disentri, bronkitis, pneumonia, flu dan batuk, serta usus buntu. Dianjurkan untuk mengobati penyakit gangguan jantung, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) dan , emboli paru-paru, dan obesitas. Digunakan juga untuk menyembuhkan penyakit reumatik, asam urat, dan kaku sendi.

Sumber: dari berbagai sumber

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: