Asam Lambung – The Silent Killer

asal lambung - the silent killer
Sumber Foto: victorynews.id
Almarhum dr. Ryah Thamrin – pengisi acara dr. OZ Indonesia yang meninggal karena GER

MYFAMILISEHAT.COM. Kepergian dr. Ryan Thamrin secara tiba-tiba mengagetkan banyak orang, terutama ibu-ibu yang sangat mengidolakan almarhum. Berita yang beredar mengatakan bahwa dr. Ryan meninggal karena penyakit asam lambung yang lebih dikenal dengan sebutan GER – Gastroesofagal Refluks. Kematian dr. Ryan mengindikasikan kalau penyakit asam lambung adalah “pembunuh” yang bergerak secara diam-diam;  Asam Lambung – The Silent Killer.

Pada postingan kali ini, myfamilisehat akan memaparkan beberapa informasi penting terkait penyakit yang dianggap biasa saja ini tetapi bisa membawa malapetaka, yaitu kehilangan nyawa.

Harapan kami, infomasi ini bisa meningkatkan kesadaran kita semua tentang penyakit ini dan mengambil disposisi yang tepat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada kita atau pada orang-orang yang kita cintai.


Bahaya Gastroesofagal Refluks ( GER ) atau Asam Lambung

Ilustrasi rasa sakit yang disebabkan penyakit maag akut

Gastro-oesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung adalah suatu keadaan di mana asam lambung mengaliri sepanjang kerongkongan ( esofagus – saluran yang mengubungkan mulut dan lambung ). Bila hal itu terjadi, penderita akan mengalami rasa terbakar.

Asam lambung berbahaya bagi organ tubuh manusia. Jika naik merambat ke area jantung, akan membuat jantung berdebar kencang dan rasanya seperti mau copot saja. Jika sampai ke area paru-paru, maka paru-paru akan terganggu kinerjanya dan penderita menjadi sering sesak nafas. Dan kalau sampai ke bagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga) maka akan sering terjadi  radang tenggorokan, menyebabkan kesulitan menelan makanan.  Jika terjadi infeksi dan penyempitan tenggorokan, penderita akan merasa seperti dicekik orang. 

Lalu apa yang terjadi pada hidung jika sering terkena Asam Lambung yang naik?  Hidung akan terluka dan penderita akan mengalami Sinusitis.  Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun. Bagaimana jika asam lambung merembes ke bagian telinga? Jelas, kemampuan pendengaran akan terganggu, bisa kehilangan pendengarannya sama sekali.

Bukan itu saja. Asam lambung yang naik hingga THT bisa menyebabkan terganggunya syaraf-syaraf  mata. Akibatnya, penglihatan menjadi kabur bahkan bisa mengalami kebutaan.

Tindakan Salah Yang Harus Diperbaiki

Maag adalah the Silent Killer, sang Pembunuh yang diam-diam. Penyakit ini bisa saja mencabut nyawa seseorang bila sang pemilik nyawa menganggap enteng.

Agar maag tidak berubah menjadi silent killer, para penedrita maag harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

Langsung Minum Obat Saat Merasa Sakit

Orang bergolongan darah O sangat rentan terkena maag. Ini karena golongan darah O memiliki tingkat keasaman yang  tinggi. Penderita sakit maag terbanyak adalah golongan darah O.  Golongan darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian.

Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah Langsung Minum Obat Maag. Minum obat maag supaya bisa makan adalah  salah. Padahal yang penting adalah  jangan makan dulu, biarkan lambung bisa istirahat.

Yang harus dilakukan adalah Ambil sejumput Garam dan isap perlahan. Dalam hitungan menit lambung akan terasa nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada Garam.

Makan atau Minum Yang Manis

Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada Obat. Mereka pikir Asam dalam Lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis atau akan hilang dengan berlalunya waktu.
Itu pemikiran yang KELIRU. Asam lambung bersifat KOROSIF karena berperan membantu proses pencernaan.

Namun asam lambung yang berlebihan akan sangat merusak. Karena itu, segera netralisir asam dengan menghisap Garam. Selanjutnya bikin larutan garam yang hangat + tetesan Lemon/Jeruk Nipis. Lemon memang rasanya  asam tapi sifatnya basa.  Rasa asam lemon ditekan dengan asinnya Garam.

Tidak Tahu Penyebab Sakit Maag Yang Sebenarnya

Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena :

  • Telat Makan
  • Minum Kopi
  • Makan Asam
  • Makan Pedas
  • Makan Beras Ketan
  • Makan Bersantan
  • Dan lain-lain

Perhatikan dan catat. Hal-hal di atas bukan penyebab maag. Apa yang tertera di atas hanya merupakan Penyebab Sekunder.

Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru adalah Stress dan kurang olahraga. Setress menduduki tempat paling utama penyebab Tukak Lambung. Konsentrasi Asam Lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

Kurang Gerak atau olahraga. Kurang olahraga bisa membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah. Akibatnya, Asam Lambung tidak terproses secara baik sehingga menumpuk.  Yang dimaksud dengan kurang gerak di sini, misalnya sehabis makan langsung tidur-tiduran. Hal itu akan membuat Usus tidak mencerna dengan baik. Akibatnya bisa memicu Asam Lambung keluar lebih banyak karena Lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses cerna sebelumnya.

Tindakan Yang Benar Mencegah Maag

Latihan Yoga. Gerakan-gerakan dalam yoga harus dilakukan. Memperlama yoga akan memberi kesempatan isi lambung dan usus untuk bergerak dan lebih cepat tercampur rata dengan enzim-enzim dalam lambung dan usus.

Untuk mencegah Maag kambuh, Anda harus menghindari faktor pencetusnya seperti yang disebutkan di atas. Sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Bila keluhan maag Anda disertai rasa terbakar dari ulu hati yang menjalar hingga leher dan pangkal lidah, disertai Mulut terasa pahit, gigi mudah berlubang dan bau mulut, maka kemungkinan Anda mengalami Gerd (Gastroesofagal Refluks), yaitu bentuk maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik asam lambung yang menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

Konsumsi Makanan Yang Keliru dan Benar

Banyak mereka yang sakit Maag mengira bahwa konsumsi Sayur dan Buah bisa membantu mengurangi gejala sakit Maag.  Itu salah besar. Justru penderita maag harus mengkonsumsi daging lebih banyak.  Alasannya, karena daging lebih lama proses pencernaanya daripada sayur atau buah. Sehingga asam lambung bekerja maximal menghancurkan Daging yang Anda makan, bukan menghancurkan Tubuh Anda.

Sakit Maag Karena Bakter Helicobacterpylori

Ada salah satu penyebab sakit Maag  adalah serangan Bakteri. Memang ada bakteri yang baik untuk area tertentu, tetapi tidak baik untuk daerah yang lain. Misalnya bakteri helicobacterpylori. Ia memang bagus buat proses pencernaan yang bersarang di rongga mulut.Namun, jika berlebih sehingga tertelan bisa menyebabkan tukak lambung.

Kalau tidak percaya coba test sendiri. Tidak usah sikat gigi sebelum tidur. Bila besoknya sakit maag anda kambuh, maka kemungkinan itu disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori.

Jadi, jika penyebab maag adalah bakteri ini, rajin-rajinlah menyikat gigi sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan.

Sakit Maag Tidak Bisa Disembuhkan Seumur Hidup 


Sakit Maag itu TIDAK BISA SEMBUH SEUMUR HIDUP. Maag itu bukan penyakit, tetapi merupakan mekanisme alami Tubuh.
Seperti Anda makan terus diproses dan dibuang oleh ke jamban. Seperti “kebelet” BAB itu natural, demikianpun Asam Lambung itu wajar, bahkan berperan penting bagi proses pencernaan.

Karena itu, Maag atau tukak lambung itu biasanya akan tetap muncul sesekali. Yang penting adalah menjaganya untuk tidak berlebihan sehingga menyebabkan sakit dan komplikasi lebih parah.

Asam Lambung itu normal dan penting bagi proses cerna dalam Tubuh. Tapi jika berlebih dan tidak dikelola dengan baik, tukak lambung bisa melumpuhkan, bahkan bisa membunuhmu pelan-pelan; Asam Lambung – The Silent Killer.


Sumber: Dr imam Susilo –

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: