Pilek dan Flu: Penyakit yang Rutin Menyerang Manusia

MYFAMILISEHAT.COM . Minimal 2 kali, setiap orang yang menderita pilek dan flu. Namun demikian, setiap mestinya sadar bahwa kedua penyakit itu membahayakan kesehatan. Pada postingan ini, myfamilisehat.com menyerang : Pilek dan Flu: Penyakit yang rutin menyerang manusia.

Diharapkan, informasi dari kedua penyakit menciptakan kesadaran para pembaca myfamilisehat.co m untuk sebisa mungkin menghindari kedua penyakit yang sangan “akrab” ini.

Apa Itu Pilek dan Flu?

Orang sering menyamakan antara pilek dengan flu. Harus diingat, Meskipun memiliki tanda-tanda yang sama, penyakit kedua ini tetaplah berbeda.

Mengetahui perbedaan antara kedua sangat penting agar kita dapat melakukan tindakan perawatan yang tepat.

 

Perbedaan Pilek dan Flu

Karena memiliki rasa yang sama dengan timbulnya batuk, pengaruh dan sakit bagi, penyakit kedua ini memiliki perbedaan yang mendasar. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan di antara kedua.

pilek dan flu, penyakit yang rutin diderita manusia
Pilek dan Flu adalah jenis penyakit yang berbeda. Kenali gejalanya untuk mempermudah pemulihannya.

 

A. Perbedaan Perbedaan

Pilek Timbul. Mulai dari keluarnya, semakin hari semakin banyak. Juga sering menghabiskan batuk. Beberapa hari yang lalu.

Sementara penyakit, “flu bisa datang tiba-tiba dan cukup cepat,” kata Dr. Alan Teage, pakar penyebaran penyakit infeksi dari Klinik Cleveland.

“Kamu selamat tiba-tiba sakit pada hari itu. Kamu yang sakit, lelah dan juga yang lebih parah, “tambahnya lagi.

 

B. Suhu Tubuh

Perbedaan lain adalah suhu tubuh. Pilek memang biasanya mengurangi demam. Tiba-tiba tidak tiba. Dia muncul dengan cara yang sangat transparan, dan kadang-kadang melanggar hukum berair dan batuk-batuk.

Pertemuan lain dengan Flu. Tiba-tiba suhu tubuh langsung meninggi antara 37,7 hingga 38,8 derajat Celcius. Pada anak-anak, suhu tinggi malah bisa lebih tinggi lagi.

 

C. Tingkat Keparahan Penyakit

Masalah yang menyertai pilek biasanya lebih ringan dan berat untuk fisik atau tubuh tidak terlalu berat. Penderita masih bisa bertahan lega dan sakit yang dirasakan tidak terlalu menyiksa. Contoh, misalnya batuk karena pilek tidak terlalu sering membuat dada terasa sakit. Penderitanya relatif masih bisa fokus melakukan kegiatan harian.

Namun, gejala batuk pada penyakit Flu ceritanya lain lagi. Batuk yang menyebabkan flu bisa jauh lebih parah setiap kali batuk akan meninggalkan rasa sakit dan panas di dada.

Baik pilek juga flu membuat seluruh badan terasa linu dan sakit di sekujur tubuh dengan tingkat rasa yang berbeda.

Begitupun, rasa linu dan sakit yang disebabkan oleh flu jauh lebih berat. Rasa sakitnya membuat penderita benar-benar merasa tidak nyaman.

PILEK DAN FLU: PENYAKIT YANG RUTIN MENYERANG MANUSIA
kenali perbedaan antara pilek dan flu

 

Penyebab Pilek dan Flu

A. Penyebab Pilek

Pilek adalah penyakit yang ditandai dengan tersumbat dan berair, kepala pening, batuk dan sakit tenggorokan. Pada beberapa orang, pilek juga menyebabkan otot-otot terasa sakit.   

Secara umum, pilek terdiri dari dua jenis, yaitu pilek yang disebabkan karena virus. Paling tidak ada 200 jenis virus penyebab pilek pada manusia, terutama rhinovirus.

Virus ini kapan saja bisa melepaskan tubuh manusia. Pilek yang menyebabkan virus ini dapat menyebabkan penyakit dengan tanda-tanda di atas jika sistem pertahanan tubuh (imun) seseorang tidak mampu melawan serangan virus tersebut. Namun biasanya pilek yang disebabkan oleh virus ini akan bertahan paling lama hingga 3 minggu.  

Pilek juga bisa disebabkan karena reaksi. Alergi ini bisa terjadi karena tungau debu, serbuk sari tumbuhan atau bulu binatang.

Saat melepaskan alergi, tubuh akan bereaksi dengan cara melepaskan sebuha zat kimia yang disebut histamin.

B. Penyebab Flu

Flu adalah penyakit yang ditandai dengan berair, kepala pening dan demam serta batuk yang membuat dada terasa panas dan sakit.

Flu yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang. Virus ini menyerang bukan hanya hidung, melainkan seluruh sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan hingga paru-paru.

Flu yang ditimbulkan oleh 3 macam virusm yaitu virus influenza A, influenza B dan influenza C. Influenza A dan influenza B biasanya menyebabkan flu yang ditimbulkan. Sementara influenza C menyebabkan flu sepanjang tahun.

PILEK DAN FLU: PENYAKIT YANG RUTIN MENYERANG MANUSIA
penampakan virus penyebab flu

 

Bahaya Pilek dan Flu

A. Bahaya Pilek Yang Keseringan

Pilek memang bisa diselesaikan dengan sendirinya. Penyembuhan itu terjadi bukan karena virusnya sudah puas tetapi karena virus menyebabkan pilek untuk sementara dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh karena meminum obat generik.

Namun, jika sistem kekebalan tubuh rentan, maka flu akan segera datang kembali, menyerang dan tinggal dalam tubuh orang yang memenangkan. Dengan obat generik yang dibeli tanpa resep dokter, pilek bisa dihalau lagi untuk sementara. Tapi pilek akan selalu datang kembali untuk orang-orang tertentu.

Normalnya, bagi seseorang yang sehat, flu hanya akan berhasil melawan dua kali lipat sekitar 5 – 10 hari, yaitu pada saat pergantian musim atau yang lebih dikenal dengan musim pancaroba.

Bagi Anda yang sering sekali menggunakan pilek, jangan anggap remeh. Penyebab pilek yang selalu kembali akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, di ganti:

1. Alergi

Alergi yang menyebabkan pilek dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di debu, bulu binatang piaraan, serbuk sari atau tepung.

Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor apa saja yang membuat Anda membantah yang menyebabkan pilek. Pengenalan itu penting bagimu untuk menghindari hal itu karena bagimu terbebas dari pilek.

Pilek, Meskipun penyakit ringan Tetap saja berbahaya bagi kesehatan kita. Untuk itu, Anda harus membuktikan apa yang membuat Anda rentan terhadap penyebab pilek.

2. Polip Hidung

Polip adalah pembengkakan selaput hidung yang berada di dalam hidung. Polip yang penting dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, di mana harus diputuskan yang dapat dilepaskan, sehingga dapat memudahkan kenyamanan dalam interaksi sosial, serta gangguan pada indera perasa dan sakit gigi.

3. Sinusitis

Sinusitis adalah radang yang terjadi pada lapisan pelindung rongga sinus. Radang yang menyebabkan rongga tersebut tersumbat dan mengalir. Cairan itu adalah media untuk bertumbuh suburnya kuman-kuman yang terasa sakit hingga kularnya lendir yang penuh kekuningan.

Radang pada rongga sinus bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap lewat hembusan atau kompilasi berbicara.

 

4. Pneunomia

Pneunomia atau yang lebih dikenal dengan paru-paru basah merupakan penyakit paru-paru karena infeksi, bakteri dan virus.

Infeksi itu menimbulkan radang pada kantung udara di salah satu dari paru-paru. Tidak dapat bekerja maksimal. Bahayanya, penaykit ini bisa menular ke orang lain lewat udara yang keluar dari paru-paru.

PILEK DAN FLU: PENYAKIT YANG RUTIN MENYERANG MANUSIA
pneunomia yang ditandai oleh produksi lendir yang berlebihan

 

B. Flu Bahaya

Sama seperti pilek, flu memang bisa sembuh dengan sendirinya. Penyembuhan itu terjadi bukan karena virusnya sudah kenyang tetapi karena virus penyebab flu untuk sementara dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh penderita atau karena obat generik yang dikonsumsi.

Namun, jika sistem kekebalan tubuh rentan, maka flu akan segera datang kembali, menyerang dan tinggal dalam tubuh orang yang memenangkan.

Perlu diingat, flu adalah penyakit yang sangat mudah menular. Lewat batuk dan bersin, virus yang tersembur dan melayang di udara dapat dengan mudah dihirup oleh orang lain di sekitar penderita. Selain itu, penularannya dapat terjadi melalui benda-benda yang dipegang oleh penderita.

Saking mudahnya penularan, American Lung Association , mengemukakan itu 5 – 20% warga Amerika setiap tahunnya terserang penyakit flu ini.

Lebih tampak seperti pilek biasa, penyakit flu terasa lebih parah dan dapat menyerang tiba-tiba.

Dan bila tidak sembuh-sembuh selama 2 minggu, penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter. Sementara tindakan darurat harus segera dilakukan jika flu menyebabkan penderita mengalami kesulitan atau tiba tiba.

Jangan anggap remeh terhadap penyakit flu. Karena penyakit ini menyebabkan 3.000 – 49.000 kematian di antara orang-orang Amerika Serikat.

Kematian yang disebabkan oleh penyakit ini, semestinya menyadarkan semua itu flu tidak bisa dilihat remeh.

Karena sebelum sampai pada yang mematikan, flu menimbulkan banyak sekali komplikasi penyakit. Mencakup pneumonia, infeksi telinga atau sinus, dehidrasi hingga memburuknya kondisi kronis, seperti gagal jantung kongestif, asma atau diabetes.

Semakin banyak bertambah usia, semakin tinggi daya tahan tubuh yang kian menurun, flu bisa membahayakan nyawa orang-orang lanjut usia.

PILEK DAN FLU: PENYAKIT YANG RUTIN MENYERANG MANUSIA
jangan menyepelekan, flu dapat menyelamatkan nyawa penderitanya

 

Kesimpulan

Dari paparan di atas, kita melihat baik pilek maupun flu adalah penyakit yang melibatkan kesehatan tubuh.

Kedua penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini adalah penurunan kualitas kesehatan pada umumnya, demikian halnya halnya dengan perbaikan kesehatan dan penyakit lainnya.

Karena itu, melindungi diri sendiri dan seluruh anggota keluarga sangat penting diusahakan. Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara melindungi diri dan seluruh anggota keluarga?”

Sesungguhnya Tuhan itu sangat baik. Ia telah menyediakan bahan-bahan perlindungan diri dan anggota keluarga melalui berbagai macam ciptaan lain yang relevan.

Anda tinggal mencari dan mengggali informasi yang bersilewaran di dunia maya. Di sana Anda akan menemukan jawabannya. Selamat mencari, demi kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga.

 

Dapatkan: Resep Obat Herbal Pilek & Flu

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: