Biji Flaxseed dengan Berbagai Keuntunggan

MFAMILISEHAT.COM. Rambut keriting dan bergelombang adalah hadiah dari Tuhan seperti rambut lainnya. Pada kesempatan ini, myfamilisehat.com mempresentasikan produk perawatan rambut keriting dan bergelombang, yaitu Biji Flaxseed dengan Berbagai Keuntungan. Semoga bermanfaat.

 myfamilisehat
punya rambut keriting?

 

Pentingnya Gel Rambut untuk Kesehatan Rambut

Gel rambut merupakan salah satu produk yang sangat diperlukan perempuan berambut keriting  dan bergelombang. Gel ini akan membantu rambut clumping sehingga tidak kusut dan terpecah ikalnya.

Ada begitu banyak produk gel rambut yang biasa digunakan untuk styling rambut bertekstur. Namun, banyak sekali produk yang menggunakan bahan-bahan kimia seperti alkohol.

Sebenarnya, alkohol fatty acid tidak akan bermasalah pada rambut. Masalahnya, alkohol yang terkandung kebanyakan termasuk dalam jenis short chains alcohol. Dilansir dari Naturally Curly, alkohol jenis ini akan membuat rambut menjadi  kering dalam waktu pemakaian yang panjang .

Karena itu, sebaiknya kamu menghindari penggunaan gel rambut yang mengandung alkhohol.

 

Cara Membuat Gel Rambut dari Flax Seed atau Biji Lenan

flaxseed – bahan dasar gel perawatan rambut keriting

Tentu kalian bertanya, “Kalau memang produk gel rambut mengandung alkhohol jenis short chains yang mengandung bahaya jangka panjang, apa yang harus dilakukan untuk merawat rambut keriting dan bergelombang?

Khabar baiknya, sekarang kamu dapat membuat sendiri gel rambut dari bahan alami, seperti flaxseedatau biji lenan.

 

Langkah Pembuatannya.

Bahan-bahan:
  • 1 cup flaxseed
  • air secukupnya
  • Castor oil (optional)
Cara pembuatan :

Masak flaxseed dengan api kecil hingga mendidih. Jangan sampai over heated karena akan membuat gel berwarna gelap dan terbakar. Setelah itu, langsung saring menggunakan alat penyaring.

Agar lebih mudah, saring menggunakan kain dengan serat kasar. Karena, flaxseed gel ini sangat cepat mengental sehingga sulit untuk disaring.

Kemudian, taruh di dalam jar kaca. Gel ini bisa tahan selama 1-2 minggu jika ditaruh di dalam lemari es.

 

Kegunaan Flaxseed

By the way, flaxseed juga bisa berguna untuk banyak hal loh teman teman berikut ini adalah kegunaan flaxseed yang lain selain menjadi gel rambut

  • Menyeimbangkan PH dan Produksi Minyak

Keseimbangan PH dan kadar minyak di kulit kepala adalah dua faktor yang berpengaruh langsung pada pertumbuhan dan kesehatan rambut. Flaxseed menyejukkan kulit kepala dan menyeimbangkan kelenjar minyak. Sehingga jumlah minyak yang dihasilkan tidak berlebihan.

  • Menjaga Kelembapan Rambut

Flaxseed bisa melembabkan rambut, membuatnya halus dan mudah diatur. Flaxseed juga bisa mengurangi rambut patah, kering, dan bercabang.

  • Penyubur Rambut

Flakseed juga dapat digunakan untuk menyuburkan rambut. Penggunaan flakseed secara rutin dan teratur,  mineral dalam minyak flaxseed akan terserap oleh kulit kepala dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut sehingga dapat tumbuh subur.

 

Cara Perawatan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari minyak fakseed, ikuti cara-cara berikut ini:

  • Siapkan 2 sendok makan minyak flaxseed. Panaskan dalam mangkok, sampai hangat.
  • Gunakan minyak untuk memijit kulit kepala selama 15 menit. Lanjut gunakan pada rambut.
  • Bungkus rambut dengan handuk hangat. Handuk bisa dipanaskan di oven, mencelupkannya ke air panas, atau menggunakan pengering rambut terlebih dahulu pada handuk.
  • Diamkan rambut yang terbungkus handuk panas 30 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih.

Untuk Hasil Maksimal 

  1. Gunakan gel rambut ini setiap pagi. Gel juga bisa digunakan sebagai stimulus pertumbuhan rambut dengan mengoleskannya di kulit kepala.
  2. Flaxseed kaya akan kandungan serat larut dan tidak larut. Selain menggunakannya untuk perawatan, anda juga bisa memasukkannya dalam menu perawatan rambut sehari-hari

Kontributor: Antonette Cleonisse Baka Tena

Pak Guru Felix

Seorang Guru Pembelajar. Belajar menyukai apa yang didapat saat tidak mendapatkan apa yang disukai.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: