Hentikan Proses Penuaan Sekarang Juga

MYFAMILISEHAT.COM. Nutrien yang terkandung dalam makanan berperan menangkap radikal bebas penyebab penuaan dini. Umur panjang dan tetap sehat hingga tua merupakan dambaan banyak orang. Anda bisa melangkah lebih jauh, meraih hidup penuh kualitas dan panjang umur. Kuncinya, “Hentikan Proses Penuaan Sekarang Juga.” Maukah Anda memiliki umur panjang dan tetap sehat hingga usia lanjut? Bila mau, simak penjelasan berikut ini!

Baca: Antioksidan: Pembunuh Efektif Radikal Bebas

Hentikan Proses Penuaan Sekarang Juga; Konsumsi  Vitamin

Vitamin adalah senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme. Vitamin itu penting karena tidak dapat dihasilkan langsung oleh tubuh.

Vitamin bersumber dari jenis makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Vitamin memiliki peran penting bagi tubuh, baik sebagai sumber antioksidan maupun berbagai nutrien yang dibutuhkan tubuh dan berperan penting dalam menghambat proses penuaan. Hentikan Proses Penuaan Sekarang Juga dengan memperhatikan asupan vitamin bagi tubuh Anda.

Vitamin A

Tanpa vitamin A yang memadai, tubuh tidak dapat membuat pigmen peka cahaya – rodopsin.

Vitamin A juga memiliki fungsi lain dalam tubuh. Ia membantu mempertahankan kesehatan tulang. Karena, setelah usia 30 tahun, tulang manusia tidak bertumbuh membesar lagi, tetapi tubuh terus mempertahankan kesehatannya dengan cara menghancurkan tulang yang telah tua untuk menciptakan yang baru.

Saat tubuh semakin tua, akan semakin banyak tulang yang dihancurkan dan semakin sedikit tulang baru yang dibentuk.

Khabar baiknya, vitamin A dalam jumlah yang memadai dapat membantu tubuh membentuk tulang baru. Jadi vitamin mampu Hentikan Proses Penuaan Sekarang Juga.

Demikian pula dengan sex. Tubuh manusia membutuhkan vitamin A untuk menghasilkan setiap hormon sex yang manusia dewasa miliki.

Sumber vitamin A:  aprikot, brokoli, wortel, daun-daunan hijau, berbagai jenis jeruk, kale, labuh, ubi, hati sapi & hati ayam, tuna, ikan kod, makarel, mentega, susu, telur.

Vitamin B

Mata Anda membutuhkan banyak vitamin B. Tanpa vitamin B1 yang memadai, saraf optikus mulai mengalami degenerasi, tanpa vitamin B2 yang memadai proses degenerasi itu semakin cepat dan tanpa vitamin B12 yang memadai, sarat optikus juga rusak.

Vitamin B1 ( tiamin ), B2, B3 ( niasin ), B6 dan B12 membantu sistem pencernaan menangkap energi dalam karbohidrat.  Vitamin ini juga penting bagi kesehatan serabut saraf dan kulit. 

Fungsi otak seperti konsentrasi, memecahkan masalah, daya ingat dan mood semuanya bergantung pada pasokan yang adekuat vitamin B1, folat ( asam  folat ) dan B12.

Tanpa folat dan B12 yang memadai, kemampuan pembekuan darah dalam tubuh akan mengalami gangguan, yang menyebabkan Anda mudah memar. Vitamin B12 terkenal karena kemampuannya mencegah anemia yang dapat pula menyebabkan kerusakan saraf.

Sekali lagi, untuk sex. Bagi pria, vitamin B6 meningkatkan produksi hormon yang mengendalikan testoteron. Bagi wanita, vitamin ini menekan suatu zat kimia yang menekan gairah seksual.

Sumber Vitamin B: asparagus, pak choy, buncit, kembang kol, pisang dan alpukat ( B6), blueberry, hati sapi, ikan salmom dan kepiting ( B12).

Vitamin C

Vitamin yang “melakukan apa saja” ini bukan saja sumber antioksidan yang penting tetapi juga penting bagi tubuh manusia.

Ia menyatukan tubuh secara harafiah, terlibat dalam pembentukan kolagen, suatu protein jaringan yang membentuk dinding setiap sel tubuh, terutama terkonsentrasi di dalam tulang dan tulang rawan, ligamentun dan tendon yang menjadi bantalan bagi tulang-tulang dan menyatukan mereka.

Vitamin C juga penting dalam penyerapan zat besi, mineral yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen.

Otak Anda membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan protein dalam tubuh dan membantu memetabolisme folat.

Vitamin C juga membangun kekebalan tubuh. Vitamin C ditemukan dalam jumlah yang tinggi di dalam sel darah putih dengan fungsi yang berbeda.

Saat sel darah putih melawan infeksi, mereka menggunakan sejumlah besar sel darah putih. Pada saat yang sama, bakteri mengganggu penyerapan vitamin V yang berarti Anda harus meningkatkan konsumsi vitamin C.

Para ilmuwan berpendapat bahwa vitamin C mempersingkat waktu reaksi sel darah putih, yang membuat mereka berrespons lebih cepat terhadap para penyerang.

Vitamin C juga meningkatkan jumlah reseptor di permukaan sel darah putih, yang memungkinkan sel darah putih menangkap bakteri dan virus.

Vitamin C juga meningkatkan interferon, zat kimia pelawan kanker yang dihasilkan oleh suatu sel jika sedang diserang oleh virus. Interferon itu juga mengirimkan pesan darurat kepada sel sekitarnya untuk mewaspadai penyusup dan membuat sel di sekitarnya membentuk pertahahan untuk mencegah penyebaran infeksi.

Sumber Vitamin C: jeruk, pepaya, brokoli, mini kol, lobak, kentang, edamame, talas, tomat, alpukat

Vitamin D

Usus membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium, bahan penting untuk membentuk tulang yang kuat. Salah satu alasan mengapa orang lanjut usia rentan terhadap penipisan tulang yang dinamakan osteomalasia dan osteoporosis adalah karena sedikitnya kandungan vitamin D dan kalsium pada makanan mereka, selain sistem pencernaan yang kurang efisien lagi menyerap nutrien dan kecenderungan untuk menghindari matahari.

Terlalu banyak sinar matahari memang buruk. Paling tidak Anda membutuhkan 10 – 15 menit 2 kali dalam seminggu.

Sinar matahari penting karena mampu merangsang suatu zat kimia di kulit yang akan menjadi vitamin D.

Vitamin D juga membantu mencegah kanker payudara dan kolon serta ketulian yang disebabkan oleh tulang-tulang kecil di telinga tengah.

Sumber Vitamin D: produk susu yang diperkaya, salom, sarden, hering, telur, hati ayam.

Catatan: hati-hati dengan suplemen kalsium yang mengandung vitamin D. Vitamin D yang berlebihan akan membuat banyak kalsium masuk ke dalam darah dan menyebabkan batu ginjal, nyeri perut, mual dan muntah serta buang air kecil berlebihan. 

Anda telah cukup aman dengan mendapatkan vitamin D dari sumber makanan, suplemen yang standar serta sedikit sinar matahari.

Sumber Vitamin D: bayam, kacang kedele, ikan salmon. ikan kod, ikan haring, caviar, susu, jamur shitake, quaker oat.

Vitamin E

Vitamin E punya kemampuan menurunkan kemampuan pembekuan darah dengan mencegah penggumpalan trombosit. Dengan cara itu, vitamin E dapat mencegah serangan jantung dan stroke yang disebabkan oleh bekuan darah yang menyumbat arteri.

Vitamin E juga melindungi sel endotel yang  melapisi arteri. Kerusakan sel endotel dapat menghasilkan suatu daerah yang kasar sehingga deposit kolestrol, lemak dan trombosit tersangkut dan membentuk plak sehingga terjadi penyempitan arteri.

Sekali lagi, vitamin sangat penting untuk memperpanjang usia manusia. So, Hentikan Proses Penuaan Sekarang Juga, makan makanan yang mengandung vitamin. 

Sumber vitamin E: asparagus, brokoli, cabe, paprika, tomat, wortel, alpukat, kiwi, kacang tanah, dll.

Sumber: Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: