Rahasia Anti Aging

Pada postingan kali ini, myfamilisehat memaparkan tentang Rahasia Anti Aging yang perlu semua orang ketahui. Kita perlu tahu  penyebab mundurnya kondisi kesehatan. Karena hal itu membatasi kita untuk hidup lebih lama dengan penuh kualitas.

 

Rahasia Anti Aging

Lahir, bertumbuh dewasa produktif, tua dan meningggal adalah siklus hidup manusia. Hal ini pasti dialami oleh semua orang, tidak perlu dipertanyakan lagi.

Namun, mengapa ada yang berusia panjang dan pendek? Mengapa ada yang hidup hingga  100 tahun, tetapi  ada yang hanya sampai  30, 40 atau 50 tahun?

Mengapa ada yang berumur 70 tahun tetapi masih tampak segar, kuat, penuh antusiasme dan awet? Lalu, mengapa ada yang baru  50 tahun tetapi tampak uzur dan menderita penyakit degeneratif sehingga terlihat memprihatinkan?

Setiap orang memiliki saatnya masing-masing kapan akan meninggal. Tetapi berbicara tentang durasi  dan kualitas hidup jelas bukan soal alamiah tetapi soal pengetahuan tentang hidup itu sendiri.

Pada zaman Romawi, manusia hidup rata-rata sampai berumur 24 tahun. Tahun 1850, rata-rata orang Amerika meninggal pada usia 45 tahun. Lima dasawarsa kemudian, angka itu meningkat menjadi 48 tahun.

Saat ini, pada awal milenium ketiga, angka hidup manusia rata-rata mencapai 75 tahun. Beberapa negara telah mengubah kebijakan pensiun kerja menjadi 60 tahun. Saat ini, penduduk yang berusia lebih dari 85 tahun telah menjadi segmen populasi yang jumlahnya meningkat secara paling cepat. 

Di Amerika Serikat telah ada sekitar 40.000 orang yang berusia lebih dari 100 tahun. Tahun 2020 penduduk yang berusia di atas 100 tahun akan bertambah menjadi 250.000 orang. 

Bahkan pada saat ini, dalam usia 70 tahun atau lebih, sedang berjalan-jalan, kembali ke sekolah, atau mengikat tali sepatu untuk joging sejauh 3 mil.

Peneliti yang paling konservatifpun menyimpulkan bahwa saat ini usia harapan hidup manusia dapat mencapai 120 tahun. Semua ini terjadi karena pengetahuan kita tentang hidup manusia semakin luas yang didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan kesehatan manusia.

Semua orang ingin sehat dan bahagia selama mungkin tanpa diganggu faktor-faktor penuaan sekunder yang menjadikan hidup kita penuh penderitaan.

Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan manusia memiliki tujuan “bukan menambahkan tahun-tahun ke kehidupan semata-mata, tetapi menambahkan kehidupan ke dalam tahun-tahun itu,” seperti yang ditegaskan oleh George Roth dan National Institute of Aging

 

Anda Bisa Hidup 120 Tahun

Riset National Institute of Aging menegaskan bahwa apa yang dianggap sebagai tanda-tanda penuaan: tangan gemetar, langkah kaki berat dan sempoyongan, bahu yang membungkuk lebih berkaitan dengan inaktivitas dan penyakit tubuh ketimbang dengan penuaan. 

Karena, sesungguhnya penuaan sangat bisa dikendalikan dari yang kita bayangkan. Tegasnya, penuaan dapat diperlambat secara dramatis sehingga sangat mungkin Anda bisa hidup 120 tahun.

Kuncinya ada pada Kondisi Kesehatan. Bayangkan… apa gunanya hidup mencapai usia 80 atauh 100 tahun kalau tulang-tulang rapuh, persendian sakit setiap saat berjalan, kulit berkeriput dan menggelantung, sistem kekebalan melemah setiap musim flu, tergelak di sofa dan pikiran terus menerus mengalami stress? 

Sekali lagi, kunci untuk mencapai usia panjang berkualitas apa pada kondisi kesehatan. Kondisi kesehatan yang baik terkait erat dengan budaya hidup yang baik. Hal itu mencakup pola makan yang baik, olahraga rutin, menjauhi kebiasaan yang memperburuk kesehatan, pola pikir dan pola perilaku yang positif. 

Secara umum, Rahasia Anti Aging terkait erat dengan perilaku menjaga kesehatan secara konstan selama hidup. 

Sumber: Kusuma, Wijaya (2000), Rahasia untuk Melawan Proses Penuaan. Jakarta, Interaksara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: