Diabetes: Pencabut Sejuta Nyawa Manusia

Diabetes: Pencabut Sejuta Nyawa Manusia
diabetes tipe 1 sering ditemukan pada anak-anak

MYAFAMILISEHAT.COM. Memang tidak ada data yang detail terkait dengan kematian akibat diabetes di Indonesia. Namun, di tengah gaya hidup modern yang makin makmur  tetapi penuh tekanan, angka kematian akibat diabetes di Indonesia cukup tinggi, sangat mungkin mendekati angka kematian akibat diabetes di Inggris dan Wales, yaitu 500 orang setiap hari. Sehingga bukan sesuatu yang hiperbol, pada postingan kali ini myfamilisehat menulis dengan judul: “Diabetes: Pencabut Sejuta Nyawa Manusia.”

Tujuan kami menulis dengan judul di atas adalah untuk membangun kesadaran diri sendiri dan lingkungan akan bahaya penyakit yang satu ini. 

Diabetes: Pencabut Sejuta Nyawa Manusia

Diabetes: Pencabut Sejuta Nyawa Manusia
sumber gambar: gettyimages

Diabet UK mengatakan bahwa banyak kematian yang disebabkan oleh komplikasi seperti penyakit jantung, stroke atau amputasi bisa dihindari bila pasien mendapatkan bantuan dan edukasi yang tepat untuk menangani kondisi mereka secara efektif.

Angka-angka yang diambil dari analisis laporan Audit Diabetes Nasional NHS ( National Health Service ) terbaru juga menginformasikan mereka yang berusia 35 – 64 tahun dengan diabetes tipe 1, 3 – 4 kali lebih mungkin meninggal sebelum waktunya dibanding dengan mereka yang tidak mengidap penyakit itu. Laporan yang sama juga mengatakan bahwa orang-orang pada usia yang sama dengan diabetes tipe 2, 2 kali lebih mungkin meninggal secara prematur.

Tindakan Pencegahan

Christ Askew dari Diabetes UK  mengatakan, “500 kematian dini setiap minggu adalah statistik yang mengerikan dan memperlihatkan betapa serius masalah ini.” Dia mendesak agar NHS memandang fnomena ini sebagai masalah serius dan mendesak agar NHS untuk terus mendanai peningkatan perawatan diabetes tahun 2019 seperti yang telah dilakukan melalui Dana Transformasi Diabetes.

Pemerintah dan masyarakat penting membantu orang dengan diabetes agar komplikasi diabetes yang bisa berakibat pada kematian bisa dicegah. Diabetes terjadi ketika ada terlalu banyak glukosa dalam darah dan tingkatnya tidak diatur secara benar oleh hormon insulin.

Penderita tipe 1 tidak dapat memproduksi insulin. Namun kebanyakan diabetes tipe 2 terkait erat dengan faktor gaya hidup, termasuk obesitas dan konsumsi gula tinggi. 

Dengan perawatan yang tepat, mulai dari suntikan insulin hingga manajemen diet, penderita diabetes bisa hidup sehat hingga lama. Namun kenyataannya, di Inggris dan Wales saat ini, diabetes menyebabkan 1 dari 5 stroke dan memukul 680 per minggu.

Sangat mungkin hal yang sama terjadi di Indonesia, terutama di kota-kota besar yang penuh dengan modernitas dengan segala kompleksitasnya.

Sumber Acuan: express.co.uk

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: