7 Manfaat Lemon/Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Lemon atau Jeruk Nipis

MYFAMILISEHAT.COM. Jeruk nipis mudah kita temukan dan digunakan untuk berbagai keperluan. Pada postingan kali ini, myfamilisehat adak memaparkan 7 Manfaat Lemon/Jeruk Nipis Bagi Tubuh.

7 Manfaat Lemon/Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Penelitian kecil telah dibuat untuk memastikan ada tidaknya manfaat lemon atau jeruk nipis bagi kesehatan tubuh manusia.  Hasilnya memperlihatkan adanya  7 manfaat lemon seperti tertera di bawah ini!

1. Sumber Utama Vitamin C

Kandungan Lemon

Lemon, seperti jenis jeruk lainnya, merupakan sumber vitamin C dan menjadi antioksidan utama yang melidungi sel dari serangan radikal bebas. 

Sebagai agen antioksidan, vitamin C mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan stroke serta menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh Stroke menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah, terutama pria gemuk dengan tekanan darah tinggi, memiliki resiko stroke yang lebih tinggi. 

2. Melindungi Kulit Tetap Muda

lemon untuk kecantikan
Lemon menyehatkan dan mengencangkan kulit

Vitamin C dalam lemon membantu mengurangi kerutan pada kulit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Society for Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang mengkonsumsi banyak vitamin C memiliki resiko kulit keriput dan kering lebih sedikit. 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Turunkan berat badan dengan lemon

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition  menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang terdapat dalam lemon mengurangi kenaikan berat badan secara signifikan yang disebabkan oleh diet tinggi lemak pada tikus. 

Selain itu, juga resistensi insulin juga meningkat. Walaupun hasil yang sama harus dibuktikan pada manusia, nyatanya air lemon mendukung penurunan berat badan.

4. Membantu Pencernaan

Air lemon sangat baik untuk pencernaan

Banyak orang minum air jeruk nipis sebagai obat pencahar setiap pagi untuk membantu mencegah sembelit. Minum air panas atau hangat saat baru bangun dari tidur dapat membantu pergerakan sistem pencernaan Anda. 

Pengobatan ayurveda percaya kalau rasa asam lemon menstimulasi  “agni” Anda. Bahkan dalam ayurveda, agni yang kuat melancarkan pencernaan yang memungkinkan makanan dicerna dan dibuang dengan mudah sehingga penumpukkan racun dapat dihindari. 

5. Menyegarkan Napas

Lemon bagus untuk mencegah napas berbau

Lemon merupakan penetral bau amis yang kuat. Segelas air lemon mampu membebaskan bau napas Anda dari aroma makanan yang memiliki bau yang kuat seperti ikan atau bawang putih dan bawang merah. 

Lemon mampu merangsang air liur dan mencegah mulut kering, penyebab bau mulut yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berebih.

6. Mencegah Batu Ginjal

lemon mampu meluruhkan batu ginjal

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat “melumerkan” penumpukkan kalsium dalam  ginjal yang akan membentuk batu ginjal. UW Health merekomendasi untuk meningkatkan asupan asam sitrat untuk mengurangi resiko pembentukan batu kalsium baru dalam ginjal. 

7. Menjaga Hidrasi Tubuh

lemon untuk hidrasi tubuh

Jika Anda adalah orang yang malas minum air atau sedang berada dalam tahap perawatan kesehatan yang melarang tidak boleh minum air berlebih, air lemon adalah solusi yang tepat. 

Menurut Food and Nutrition Board, air sangat penting untuk proses hidrasi. Karena itu, tubuh manusia membutuhkan air dalam prosentasi yang cukup. 

Namun hal itu bisa dibantu dengan mengkonsumsi minuman dari air lemon setiap hari. 

Sumber: https://www.healthline.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: