Mau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang

mau tubuhmu sehat makanlah kacangMau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang. Banyak orang beranggapan bahwa ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari.

Apakah benar demikian? Pakar gizi justru berpendapat bahwa semakin bervariasi asupan makanan akan semakin baik bagi kesehatan tubuh kita. Pada postingan kali ini, myfamilisehat.com akan memaparkan pentingnya kacang-kacangan bagi tubuh kita, yang oleh anggapan banyak orang, harus dihindari atau tidak boleh makan terlalu banyak atau terlalu sering.

mau tubuhmu sehat makan kacang myfamilisehatSeorang dokter naturopatiAlan Christianson, mengatakan bahwa pola makan yang terlalu membatasi bahan-bahan makanan tertentu justru dapat menyebabkan kekurangan gizi, stress emosional hingga melemahkan saluran pencernaan.

Adapun salah satu kelompok makanan yang sering dihindari adalah kacang-kacangan. Orang menghindari kacang karena katanya menimbulkan alergi. Juga kandungan lemaknya yang cukup tinggi katanya bisa menyebabkan munculnya banyak jerawat.

mau tubuhmu sehat makan kacangNamun, harus diketahui bahwa semuanya itu hanyalah mitos dan tidak sejalan dengan sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kacang-kacangan sangat beramnfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di antaranya menurunkan kolestrol, menurunkan nafsu makan, meningkatkan energi, kaya akan antioksidan, menurunkan tekanan darah, menghambat penuaan dini hingga mencegah kanker. So, Mau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang!

Mau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang – Ini dia Manfaat Kacang

1. Kaya Antioksidan

mau tubuhmu sehat makan kacangKerusakan terbesar yang diakibatkan oleh radikal bebas dapat kita amati dari kulit, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Kacang-kacangan juga mengandung antioksidan unik yang bisa memblokir enzim yang disebut α-glukosidase dan lipase pancreas. Enzim ini dapat memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan diabetes. Kacang aduki dan kacang hijau merupakan beberapa diantara banyak kacang yang kaya akan antioksidan.

Karena itu, Mau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang!

2. Mencegah kanker

mau tubuhmu sehat makan kacangSeperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kacang juga mengandung senyawa resveratrol dan beberapa kandungan lainnya yang dapat mencegah kanker. Tidak hanya kacang saja yang dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker, namun juga ekstrak dari kacang-kacangan yang dinamakan IP6, menurut penelitian dapat bermanfaat untuk melawan kanker.

So… tunggu apa lagi, Mau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang!

3. Membantu menurunkan kolesterol

mau tubuhmu sehat makan kacangMengkonsumsi sedikitnya satu porsi kacang-kacangan per hari diketahui dapat menurunkan lemak jahat (LDL-C) berbahaya. Hal tersebut cukup untuk menurunkan risiko penyakit jantung sampai 25 persen.

4. Menurunkan Berat Badan

mau tubuhmu sehat makan kacangDalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, 35 pria obesitas diminta melakukan salah satu dari 4 macam diet selama 8 minggu. Salah satunya adalah diet dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

Kelompok yang menerapkan diet tinggi kacang-kacangan diketahui mengalami perbaikan kesehatan seperti turunnya tekanan darah, turunnya kadar kolestrol, lemak yang berkurang dan energi yang meningkat.

Penutup

Itulah beberapa manfaat kacang-kacangan, jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan tapi disalahpahami sebagai makanan yang tidak menyehatkan.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini, mitos tentang bahaya kacang-kacangan bisa terkikis sedikit demi sedikit dan membuat Anda sekeluarga tidak takut menyediakan kacang di rumah.

Dengan begitu banyaknya manfaat kacang, ajakannya jelas …. Mau Tubuhmu Sehat Makanlah Kacang.

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih sebagai cemilan sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Bahkan, laporan terbaru dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kacang setiap hari memperoleh dampak positif terhadap penurunan berat badan serta perubahan ukuran lingkar pinggang.

Pada postingan berikut kami akan menampilkan 10 jenis kacang kaya gizi dan sangat baik menjaga kesehatan anggota keluarga Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: