Mengobati Pilek dan Flu Dengan Herbal Alami

MYFAMILISEHAT.COM. Pilek dan Flu disebabkan oleh alergi dan berbagai macam virus. Di sini myfamilisehat.com berbagi Resep Obat Herbal Pilek dan Flu. Dijamin, resep obat herbal pilek dan flu ini aman, tidak memiliki efek samping tetapi justru memperkuat daya tahan tubuh sehingga menyulitkan alergi dan virus itu datang kembali.

kombinasi jahe – lemon – madu efektif mengusir pilek dan flu dan meningkatkan daya tahan tubuh

 

Mengapa Mudah Terserang Pilek dan Flu

Hampir setiap saat kita menerima paparan kuman, bakteri dan virus.  Ketiganya masuk ke dalam tubuh kita lewat udara dan apapun yang kita konsumsi.

Tetapi Tuhan memperlengkapi tubuh kita dengan perisai yang namanya system imun. Imun itulah yang menciptakan daya tahan tubuh kita terhadap berbagai racun, virus, bakteri, kuman dan radikal bebas hasil proses oksidasi dalam tubuh kita.

Dalam banyak kesempatan, sistem imun mampu memberikan perlindungan yang aman sehingga racun, virus, bakteri dan radikal bebas kalah.

Namun ada kalanya sistem imun kita lemah, karena berbagai macam sebab sehingga musuh-musuh itu melenggang kangkung menyerang tubuh.

Akibatnya kita sel-sel tubuh  rusak, sistem imun babak belur dan akhirnya kita jatuh sakit. Jadi, sakit adalah pratanda ketika sistem imun kita tidak kuat lagi melawan musuh.

cara merawat wajah cantik dan sehat
Cara paling mudah melawan pilek dan flu adalah tidur pulas seperti seorang bayi. Tinggalkan semua masalah – tidur.

Cara paling sederhana dan mudah agar sistem imun kita kuat lagi adalah dengan beristirahat, tidur. Cara lain adalah tidak mengkonsumsi makanan yang hanya enak di ulut tetapi berbahaya bagi sistem imun.

Cara yang paling diharuskan membantu sistem imun kita kuat lagi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, kaya vitamin dan mineral serta berbagai zat lain yang efektif.

Ada banyak jenis makanan yang mampu mengembalikan fungsi imun tubuh kita. Namun di sini kami hanya merekomendasi 3 jenis makanan, karena kandungan nutrisinya paling efektif membantuk tubuh kita melawan pilek dan flu.

Ketiga jenis makanan tersebut adalah jahe, lemon dan madu.

 

Jahe, Lemon dan Madu: Resep Obat Herbal Pilek dan Flu

Myfamilisehat.com merekomendasikan Jahe, Lemon dan Madu karena ketiga jenis makanan ini paling ampuh melawan flu dan pilek.

 

Jahe

Menurut buku “Healing Foods” terbitan DK Publication House, tumbuhan super ini penuh dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Gingerol yang terkandung dalam jahe memiliki efek analgesic, sedatif, antipiretik dan antibakteri. Jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat.

 

Lemon

Jenis buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan antioksidan yang kuat. Kedua nutrisi ini sangat efektif menangkal radikal bebas, yaitu zat beracun sebagai hasil limbah proses oksidadsi dalam sel tubuh dan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Madu

Sudah sejak lama dikenal karena  kebaikan dan faedahnya bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak masyarakat tradisional menggunakan madu dalam ramuan mereka untuk menyembuhkan pilek dan flu. Menurut buku “Healing Foods”, madu dapat melakukan keajaiban sebagai pereda batuk. Selain itu, madu digunakan dalam berbagai resep pengobatan tradisional karena cepat menyerap ke dalam sel sehingga mempermudah dan mempercepat proses pengobatan berbasis herbal.

 

Baca juga: 11 Manfaat Jahe Secara Ilmiah

 

Cara Membuat Resep Obat Herbal Pilek dan Flu

Bahan Yang Diperlukan

  1. Madu murni 1 sendok teh
  2. Jahe parut atau cincang 1 sendok the
  3. Perasan lemon 1 sendok the
  4. Air putih 2 gelas.

 

Cara Membuat

  1. Panaskan 2 gelas air putih dalam panci kecil
  2. Saat mulai mendidih, masukkan jehat yang sudah diparut atau dicincang tadi
  3. Biarkan jahe direbus selama 2 – 3 menit lalu angkat panci atau matikan api.
  4. Biarkan agak dingin sekitar 7-10 menit
  5. Tambahkan lemon dan madu ( menurut para ahli, madu tidak boleh dimasak  karena bisa merusak strukturnya ) sehingga tidak mampu berfungsi efektif untuk penyembuhan.
  6. Aduk hingga rata dan siap untuk dikonsumsi.

 

Aturan Konsumsi

Ramuan ini diminum pagi sebelum sarapan dan malam hari menjelang tidur. Bisa juga ditambah waktu siang atau sore.

Baca Juga: Pilek dan Flu – Penyakit yang Rutin Diderita Orang

Pak Guru Felix

Seorang Guru Pembelajar. Belajar menyukai apa yang didapat saat tidak mendapatkan apa yang disukai.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: