Serat Mencegah Penyakit Meningkatkan Kesehatan

MYFAMILISEHAT.COM. Semakin banyak bukti menunjukkn bahwa asupan serat yang cukup sangat bermanfaat bagi pencernaan dan mengurangi resiko penyakit kronis. Karena itu, pada postingan kali ini, myfamilisehat.com mempublikasikan Serat Mencegah Penyakit Meningkatkan Kesehatan. Mudah-mudahan memberi manfaat bagi para pembaca.

Serat Mencegah Penyakit Meningkatkan Kesehatan
sebagian makanan yang kaya serat

Apa itu Serat dan Apa Faedahnya?

Dalam bahasa umum,  serat dalam makanan adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Zat ini tetap utuh dan akan tetap terbawa hingga ke usus besar. 

Secara umum, serat dibagi dalam dua golongan besar: 

  • serat yang dapat larut
  • serat yang tidak dapat larut

Penting untuk diingat, ada banyak sekali jenis serat. Beberapa di antaranya memiliki manfaat penting dan berguna bagi kesehatan tetapi banyak juga yang tidak berguna. 

Otoritas kesehatan merekomendasikan bahwa pria mengkonsumsi 38 gram serat per hari dan wanita mengkonsumsi 25 gram serat per hari. 

Serat Baik Untuk Bakteri

Ada sekitar 500 spesies bakteri  yang hidup di usus dengan total sekitar 100 triliun sel. Bakteri usus ini juga dikenal sebagai flora usus

Banyaknya bakteri yang hidup di usus bukanlah hal buruk. Justru ada simbiose mutualisma antara sistem pencernaan manusia dengan beberapa bakteri itu. Usus menyediakan makanan, tempat tinggal dan habitat yang aman untuk bakteri. Sebagai imbalannya, para bakteri itu akan melakukan beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh organ tubuh manusia itu sendiri. 

Dari berbagai jenis bakteri, ada beberapa yang sangat penting untuk berbagai aspek kesehatan tubuh manusia, termasuk berat badan, kadar gula darah, fungsi kekebalan tubuh, bahkan fungsi otak.

Memangya … apa urusan bakteri ini dengan usus? Sama seperti organisme lain, bakteri yang di usus juga butuh makanan untuk bertahan hidup dan menjalankan fungsinya. 

Masalahnya, kebanyakan protein, karbohidrat dan lemak sudah diserap ke seluruh tubuh dan organ lain, sebelum mereka sampai di usus besar. Flora usus hanya mendapatkan nutrien yang tersisa. Nah, di sinilah serat memainkan peranannya.

Sel manusia yang tidak punya enzim untuk mencerna serat “membuat” zat itu secara utuh mencapai usus besar. Di sana, ia akan bertemu dan dicerna karena hanya usus besar yang memiliki enzim yang mampu mencerna serat-serat itu. 

Inilah alasan penting mengapa serat makanan penting bagi kesehatan:  karena serat itu  menyediakan makanan untuk bakteri baik yang berada di usus. Selanjutnya, bakteri yang sudah diberi makanan itu akan berfungsi sebagai prebiotik.

Dengan cara ini, serat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik yang dapat meningkatkan berbagai efek positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 


Aneka Manfaat Serat Mencegah Penyakit Meningkatkan Kesehatan

1. Meminimalkan Resiko Penyakit Jantung

penyakit jantung tidak kenal usia

Pencernaan yang baik karena dibantu oleh prebiotik tadi akan membuat tubuh secara alamiah mendapatkan berat badan yang ideal. Selanjutnya, berat badan yang ideal ini tentu saja akan menjauhkan obesitas dan mengikis penumpukkan lemak visceral dari organ-organ vital, di antaranya hati dan jantung. 

2. Melindungi Kesehatan Kulit

jagalah kulit dengan konsumsi serat alami

Serat juga sangat baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit. Hal itu terjadi karena serat mampu memindahkan zat-zat beracun , bakteri dan jamur ke dalam kotoran yang segera dikeluarkan secara cepat berkat sehatnya organ pencernaan.

Perlu diketahui, zat-zat beracun, bakteri dan jamur yang tidak segera dikeluarkan bersama tinja akan terangkut kembali keseluruh tubuh dan mencari jalan keluarnya lewat kulit. Akibatnya kulit menjadi kusam dan berjerawat.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Kanker merupakan penyebab kematian nomor 3 di dunia. Namun resiko penyakit ini dapat dapat dikurangi secara signifikan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat alami. Ini tentu saja logis karena keberadaan serat terbukti menjaga kesehatan dinding usus besar sehingga zat-zat beracun hasil buangan bisa dilokalisir di sana untuk selanjutnya dibuang lewat proses buang air besar.

4. Mencegah Peradangan Usus

peradangan usus bisa dicegah dengan makanan berserat

Peradangan atau polip usus disebabkan oleh penumpukkan kotoran di usus yang tidak bisa dikeluarkan dalam bentuk feses. Bakteri, jamur dan zat-zat beracun dalam feses akan mengkontaminasi usus sehingga usus menjadi bengkat karena mengalami peradangan. 

5. Manfaat Serat Lainnya

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh serat. Ada banyak manfaat serat lainnya, di antaranya mencegah wasir yang diakibatkan oleh penggumpalan dan pengerasan tinja saat dipaksa keluar, mengatur kadar gula dalam darah karena seluruh organ mendapatkan pasokan nutrisi sehingga bekerja optimal. Selain itu, asupan serat yang cukup bagi tubuh memberikan manfaat kesehatan lainnya, di antaranya menurunkan kadar kolesterol dan resiko diabetes, membantuk tubuh mendapatkan energi secara maksimal dari makanan yang dimakan dan dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaan yang sehat.

Penutup

Orang selalu mengatakan bahwa Anda adalah Apa yang Anda Makan. Namun, ungkapan itu akan semakin lengkap dan punya gaung penyadaran kalau ditambah ungkapan penting lainnya: “Tubuh yang Sehat Berawal Dari Usus yang Sehat. Sementara, Usus yang Sehat Diperoleh dari Konsumsi Makanan Berserat Yang Memadai.”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: